Friday, June 15, 2012

Sholat Jum'at di Berbagai Penjuru Bumi

Hari Jum'at, ketika pria muslim berbondong bondong ke Masjid untuk melakanakan ibadah sholat Jum'at. Muslim di berbagai penjuru Bumi melaksanakan ibadah yang sama, dari dinginnya musim salju hingga teriknya udara tropis. Berikut saya petik kan beberapa rekaman foto foto sholat Jum;at di ambil dari berbagai sumber. Selamat menunaikan Sholat Jum'at.

ditengah musim salju, 5 Februari 2010 muslim di kota Almaty, Republik Kazakhstan sholat dibawah rinaian salju dimusim dingin yang membeku. Masjid agung kota Almaty tak mampu menampung jemaah yang membludak sekaligus, bersukurlah kita yang tinggal di Indonesia yang tak perlu berjuang menahan dingin hanya untuk sholat Jum’at
Demonstan anti pemerintah Yaman melaksanakan sholat Jum’at di di sela aksi demonstrasi besar besaran menuntut pengunduran diri presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh di kota Sanaa (foto : msnbc.msn.com)
Di Mesir : Demonstran anti pemerintah berpusat di lapangan Tahir Kairo. Puluhan ribu demonstran itu melaksanakan sholat fardhu Jum’at di sana. Perjuangan pengunjuk rasa ahirnya berhasil menurunkan Presiden Mesir Husni Mubarak dari tampuk kekuasaan setelah berkuasa selama 30 tahun (foto : telegraph.co.uk)
5 September 2008, ribuan jemaah memadati komplek masjidil Aqso di Palestina dalam sholat Jum’at berjama’ah pertama di bulan Ramadhan tahun 2008. (sacbee.com)
Muslim Kashmir di kota Sinagar menyemut hingga ke halaman dan jalan raya di depan Masjid Jamia Srinagar, di bulan Ramadhan tanggal 18 September 2009 lalu. Ribuan ummat Islam sebagian dari mereka menunaikan sholat Jum’at sambil berlinang air mata berharap akan perdamaian dan kedamaian di negeri mereka yang tak pernah usai di terpa konflik (foto demotix.com)
jemaah Sholat Jum’at di Masjid Jami Delhi di kota Delhi Tua (Old Delhi) di bulan Juli 2006 dengan sengaja menjadikan spanduk bergambar bendera israel sebagai keset kaki sebagai bentuk kecaman keras bagi pendudukan Israel atas tanah Palestina (foto : marisacat
lain di Delhi Tua, lain pula di Washington DC. 25 September 2009 ribuan ummat Islam Amerika Serikat menyelenggarakan sholat Jum’at di halaman gedung Capitol dalam upaya menunjukkan keberagaman dalam Islam, dan dukungan pelaksanaan syariah di Amerika Serikat. Ini untuk pertama kali terjadi di Amerika Serikat sepanjang sejarah negara tersebut.
Hampir sama dengan muslim Yaman dan Mesir yang berdemo menentang penguasanya, di kota Tripoli Libya demonstan juga melaksanakan sholat Jum’at di lokasi mereka berdemo meski tersiar kabar beberapa orang ditemukan tewas di tembak disekitar masjid ba’da sholat jum’at (foto dari bbc.co.uk)
Sholat Jum’at di Masjidil Haram, Mekah Al-Mukarromah. “Ya Alloh Ya Rob kapan hamba bisa sholat jum’at disana menghadap langsung ke Ka’bahmu (zawaj.com)
Nunggu Papa ::: Seorang gadis kecil berdiri sendirian di bagian paling belakang shaf sholat saat sholat Jum'at berlangsung di Masjid Agung Damaskus, Suriah.
Sholat jum’at di lapangan masjid Al-Husaini kota Amman ::: 9 pekan sejak aksi demonstrasi di mulai di Yaman, demonstran tak beranjak dari sekitar masjid Al-Husaini kota Amman, begitupun dengan presiden-nya yang masih enggah untuk lengser. (foto dari scoop.co.nz)
Yang ini adalah pemandangan sholat Jum’at di salah satu masjid di kota Kalkuta, India 12 Agustus 2011 lalu (foto dari hezbollahphoto)
Suasana di dalam Masjid Agung Almaty, Kazakhstan ba’da sholat Jum’at. Jemaah masih ramai berkumpul, berdialog dengan imam masjid (centralasiaonline.com)
Suasana sholat Jum’at di Masjid Al-Amin di pusat kota Beirut, Lebanon 5 Agustus 2011 (foto dari kerala-junction-news)
Taruna Angkatan Udara Iran dengan seragam keberasannya melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Kampus Universitas Tehran, Kota Tehran – Iran 5 Agustus 2011 (foto dari kerala-junction-news)
Bangladesh ::: Masjid Nasional Baitul Mukarram terlihat sangat menawan dari sudut ini dalam penyelenggaraan sholat Jum’at 5 Agustus 2011 (foto dari kerala-junction-news)
Muslim Nepal memiliki dua Masjid Besar yang lokasinya berada di kawasan Istana Kerajaan Nepal masa lalu di kot Kathmandu, salah satunya adalah Masjid Kashmiri. Pemandangan luar biasa terjadi setiap hari Jum’at sebagaimana terekam dalam foto 5 Agustus 2011 (foto dari kerala-junction-news)
sholat Jum’at di Ni’lin, wilayah Tepi Barat, Palestina yang diduduki israel, muslim setempat menyelenggarakan sholat jum’at di bawah tenda darurat 
Kashgar – China ::: muslim setempat menyelenggarakan Sholat Jum’at di Masjid Id Kah (foto dari blogs.bootsnall.com)
10 Juli 2009, jemaah yang tak kebagian tempat di dalam masjid melaksanakan sholat di jalan raya di depan Masjid Id Kah Kargar – China (foto wenatcheeworld.com)
Muslim Uighur – China, Sholat Jum’at di masjid Urumqi (foto dari cbc.ca)

No comments:

Post a Comment