Friday, July 29, 2016

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin Lampung Barat

Masjid Bintang Mas, Nama populer masjid yang berada di komplek Islamic Center Kabupaten Lampung Barat ini meskipun nama resminya adalah Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin yang berada di Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit, kabupaten Lampung Barat. Telah menjadi Ikon Kabupaten Lampung Barat. Selain tempat pusat kegiatan agama yang mencakup Ibadah, Da'wah dan Ta'lim, Islamic Center Kabupaten Lampung Barat juga menjadi tempat wisata bagi masyarakat terutama di waktu sore.

Lokasi Islamic Center Baitul Mukhlisin
Kawasan Sekuting Terpadu, Kecamatan Balik Bukit
Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung - Indonesia
Koordinat : -5.016960, 104.115707


Islamic Center Baitul Mukhlisin ini merupakan Islamic Center kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Bangunan masjid megah ini berarsitektur perpaduan antara ornamen Lampung dan arsitektur Arab. Berdiri di atas lahan seluas 13.5 hektar dengan luas bangunan masjid mencapai 4000 meter persegi, pembangunannya didanai APBD 2009-2010. Menghabiskan dana sekitar Rp. 33 Milyar. Masjid ini mampu menampung hingga 7200 jemaah sekaligus.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjacroedin Z.P bersama sama dengan Bupati Lampung Barat - Mukhlis Basri, pada Hari Jum’at tanggal 7 Mei 2010. Setelah peresmian, kegiatan keagamaan yang pertama akan dilaksanakan adalah sholat Jum'at. Dilanjutkan keesokan harinya dengan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-38 Tingkat Propinsi Lampung yang diikuti 14 kabupaten/kota se-Lampung. Pada saat diresmikan pembangunan tahap kedua masjid ini baru selesai 90 persen.

Susasana di dalam Masjid Bintang Mas saat tausiah Ustadz Arifin Ilham

Masjid megah ini juga disebut Masjid Bintang emas karena denah kubah limas masjid ini bila dilihat dari atas berbentuk seperti bintang dan diwarnai dengan warna emas, serta ornamen bulan bintang yang berada di bagian ujung kubah tersebut juga dilapisi emas, ada juga yang menyebutnya masjid Islamic center Balik Bukit karena berada di Kecamatan Balik Bukit, sementara lainnya menyebutnya sebagai Masjid Islamic Center Sekuting karena berada di Daerah Sekuting. Dan tentu saja anda akan dengan mudah menangkap kesamaan antara nama Belakang Masjid ini dengan nama depan Bupati Lampung Barat yang memprakarsai pembangunan masjid ini.

Arsitektur Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Ciri khas Lampung terlihat pada bentuk atap masjid yang mengadopsi ciri rumah adat Lampung dan selaras dengan bentuk Gunung Pesagi yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat. Elemen ukiran kirai rumah adat Lampung mewarnai masjid ini termasuk kaca patri yang mengadopsi ornamen kain tapis serta pertemuan kolom dan balok yang dilengkapi ornamen paguk adat Lampung. Di halaman masjid ini ada sembilan tugu batu tinggi besar yang merupakan simbol sembilan wali penyebar agama Islam di Indonesia. Ruang utama masjid ini berukuran 33 x 33 meter merupakan simbol jumlah zikir.

Ruang utama masjid ini benar benar terasa lega dengan atapnya yang begitu tinggi dan tidak ada satu tiang pun di tengah ruangan. Arsitektur modern tampak jelas begitu dimaksimalkan dalam pembangunan masjid ini. Material bangunan Masjid Islamic Center tersebut dipilih dari batu marmer Lampung dan andesit yang mempercantik ruang dan meminimalisir biaya perawatan. Struktur bangunan masjid juga mengacu pada konsep bangunan tahan gempa yang memperhitungkan gaya lateral dan vertikal beban.

Interior masjid Bintang Mas

Masjid ini memiliki beberapa ruang fungsional seperti ruang sekretariat, perpustakaan, dan ruang pertemuan. Di halaman juga terdapat plaza yang dapat difungsikan sebagai arena pelatihan manasik haji dan berbagai aktivitas keagamaan. Masjid Islamic Center ini dibangun sebagai bentuk interpretasi cita-cita dan keinginan leluhur masyarakat Lampung Barat yang telah lama mendambakan gedung yang dapat menampung berbagai kegiatan sosial keagamaan.

Tabligh Akbar Ustadz Arifin Ilham

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat ke-24 Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengadakan Pengajian Akbar / Tabligh Akbar Bersama Ustadz KH. Arifin Ilham di Masjid Islamic Center, Kawasan Sekuting Terpadu Kabupaten Lampung Barat pada hari Kamis, 01 Oktober 2015 Pukul 12.30.

Pemberangkatan Jemaah Caloh Haji

Sejak diresmikan tahun 2010 Islamic Center Baitul Mukhlisin menjadi tempat keberangkatan calon jemaah haji dari kabupaten Lampung Barat. Pada musim haji tahun 2010 sebanyak 330 Calon Jemaah Haji Kabupaten Lampung Barat yang tergabung dalam Kelompok Terbang Kloter 16 akan diberangkatkan ke Tanah Suci bersama 55 CJH Lampung Utara dan 65 CJH Kota Bandar Lampung . CJH Lampung Barat akan diberangkatan dari Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin pada Kamis tanggal 21 Oktober 2010 pukul 21.00 Wib menuju Asrama Haji Rajabasa di Bandar Lampung.***

No comments:

Post a Comment