Saturday, March 30, 2019

Masjid Jami’ Fatahillah Blok B Pasar Tanah Abang

Masjid Jami' Fatahillah di roof top pasar tanah abang blok B.

Masjid Jami’ Fatahillah adalah masjid yang berada di atap gedung Blok B pasar Tanah Abang, Jakarta, diresmikan penggunaannya oleh Gubernur DKI Jakarta, Anier Rasyid Baswedan pada hari Jum’at 13 Juli 2018.

Masjid berwarna hijau dengan kubah emasnya itu berada di atap atau lantai paling atas bangunan gedung Blok B Pasar Tanah Abang. Pembangunan masjid ini merupakan bagian dari pembangunan pasar Tanah Abang namun juga hasil dari sodaqoh para pedagang yang ada di pasar Blok B ini.

Masjid Jami’ Fatahillah
Roof Top Blok B Pasar Tanah Abang
Kp. Bali, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250


Arsitektur masjid ini merupakan karya anak bangsa lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Gaya bangunannya meniru arsitektur sejumlah negara Islam yang pernah berjaya. Ada desain-desain khas Andalusia. Kaca-kacanya diambil dari corak-corak yang pernah digunakan orang-orang Persia zaman dahulu.

Masjid ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya Pasar Tanah Abang pada 2004-2005. Tentang lokasinya yang berada di lantai paling atas pusat perbelanjaan ini, memiliki makna dan tujuan penting. Salah satunya untuk mengingatkan manusia agar tidak lupa pada Sang Maha Pencipta meski tengah disibukkan dengan segala bentuk aktivitas di pasar.

Peresmian masjid Jami' Fatahillah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Pusat perbelanjaan yang berada di bawah masjid ini merupakan gambaran dari hubungan manusia dengan manusia (muamalah). Sedangkan, di lantai teratas pusat perbelanjaan terdapat masjid yang dibangun sungguh-sungguh untuk tempat beribadah umat Islam yang sedang beraktivitas di pasar.

Pengunjung Pasar Tanah Abang pun banyak yang datang dari mancanegara, terutama negara-negara Islam. Jadi, di atap pasar terdapat wisata ruhani, gambaran hubungan manusia dengan Tuhannya. Masjid di Pasar Tanah Abang  Blok A ini yang dapat menampung 3.000 orang.

Kubah warna ke emasan dari Masjid Jami' Fatahillah terlihat puncak gedung blok B pasar Tanah Abang.
Keberadaan masjid di puncak bangunan itu mungkin akan terasa merepotkan, pengelola pasar sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan tangga berjalan (eskalator) dan lift. Fasilitas itu tentu akan memudahkan para pengunjung untuk mencapai masjid ini. Kumandang azan dari masjid ini akan terdengar melalui pengeras suara yang tersedia dari lantai dasar hingga puncak gedung.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

Masjid Jami Maulana Hasanudin Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan (1928-1933)


No comments:

Post a Comment