Saturday, November 11, 2023

Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas, Kepulauan Riau

Masjid Agung Baitul Ma'mur kini menjadi landmark Pulau Tarempa.

Kepulauan Anambas merupakan kabupaten termuda di provinsi Kepulauan Riau yang dibentuk berdasarkan Undang - undang Nomor 33 Tahun 2008. Terletak di sisi Utara Provinsi Kepulauan Riau, 98,73 persen wilayahnya nya adalah lautan, daratannya hanya berluas sekitar 1,27 persennya saja.
 
Total Pulaun-nya berjumlah 255 Pulau, membentang dari Pulau Tokong Malang Biru hingga Pulau Tokong Belayar. Lima pulau diantarannya merupakan pulau terdepan yang berbatasan dengan perairan negeri tetangga. Dari jumlah itu, hanya sekitar 26 pulau yang telah jadi permukiman penduduk sedangkan sisanya 229 pulau tidak berpenghuni.
 
Masjid Agung Baitul Makmur, Tarempa, Kabupaten Anambas
Terempa, kecamatan Siantan, Kab. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

  

Dengan bentangan laut yang berluas tidak kurang dari 46.664,15 km2, tak salah kalau kabupaten ini dijuluki sebagai negeri bahari. Sebagian besar penduduknya yang berjumlah sekitar 15 ribu jiwa, mengandalkan hidup dari laut. Hanya sebagian kecil saja yang bermata pencarian sebagai pekebun, sementara sebagian lagi adalah pegawai negeri serta pedagang.
 
Jadi Ikon Wisata Religi, Mampu Tampung 5000 Jemaah
 
Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas berada di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan masjid terbesar dan termegah di kabupaten Anambas dengan daya tampung mencapai 5000 jemaah. Lokasinya berdiri berada di ujung jalan selayang pandang (SP) di pulau Tarempa, kecamatan Siantan.
 
Ukurannya yang cukup besar serta pemilihan lokasinya yang berada diketinggian menjadikan masjid agung ini sebagai ikon Anambas yang langsung terlihat dari arah laut saat mengunjungi pulau Tarempa.
 
Diujung jembatan selayang pandang.

Dari pusat kota Tarempa, waktu tempuhnya sekitar 15 sampai 20 menit dengan berjalan kaki. Sebelum sampai ke masjid ini, akan melewati objek wisata Batu Tompak Tige, batu granit berwarna hitam bersusun tiga secara vertikal.
 
Semenjak masjid Agung Baitul Ma'mur  Anambas berdiri, ramai sekali para pengunjung yang mengabadikan momen dengan berswafoto di beberapa titik lokasi yang ada di masjid Agung Baitul Ma'mur  Anambas.
 
Pembangunan Masjid Agung Baitul Ma’mur
 
Masjid ini dibangun pada tahun 2017 diresmikan pada tahun 2019 oleh Menkopolhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Mendagri Tito Karnavian di masa kepemimpinan Bupati Abdul Haris dan Wakil Bupati Wan Zuhendra pada 17 Februari 2020.
 
masjid megah dengan panorama yang menawan.

Tempat ibadah megah ini dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan 6,453 meter persegi. Pembangunan-nya menghabiskan anggaran mencapai Rp68 milliar. Berdasarkan Berita Acara Serah Terima Nomor 06.SP/DPUPRPRKP/BAST/GDG-KTR-CK/9.2022 tanggal 27 September 2022, proyek pembangunan Masjid Agung Kepulauan Anambas sudah selesai 100 persen yang dikerjakan selama 190 hari kalender terhitung mulai tanggal 23 Maret 2022 sampai dengan 28 September 2022.
 
Arsitektur Masjid Agung Baitul Ma’mur
 
Kubah hijau ala masjid Nabawi menjadi fokus utama arsitektur Masjid Agung Baitul Ma’mur kepulauan Anambas ini, ditambah dengan empat menara nya yang menjulang di masing masing empat penjuru atap, didominasi warna putih.

pemandangan dominan dari arah laut.
 
Pembangunan masjid ini selain sebagai kebutuhan pembangunan tempat ibadah dalam hal ini adalah masjid agung kabupaten, seiring dengan terbentuknya kabupaten kepulauan Anambas dan Tarempa sebagai ibukota kabupaten. Juga dibangun sebagai objek wisata religi.
 
Dan sejak berdiri, masjid yang terletak di pinggir laut pusat kota Tarempa ini telah menjadi pusat keagamaan baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat seperti tabligh akbar maupun zikir akbar, serta kegiatan masyarakat dan juga menarik dikunjungi turis domestik dan mancanegara karena berada di pesisir laut dengan pemandangannya yang indah, juga menjadi wisata religinya  Anambas.
 
Fasilitas yang ada di masjid juga dilengkapi dengan ruangan perkantoran seperti Baznas, LPTQ, DMI, MUI, Dewan Dakwah serta Remaja Masjid. Masjid tiga lantai ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 40 meter, rumah untuk tempat tinggal imam, muadzin dan marbot.
 
Langit sore

Aktivitas Masjid Agung Baitul Ma’mur Anambas
 
Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas tempat dilaksanakan zikir bersama dalam perayaan penutupan tahun 2022, Sabtu 31 Desember 2022 dengan mengundang masyarakat serta seluruh pegawai yang bekerja dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Anambas. Acara dimulai dari sholat magrib berjamaah dan zikir dilanjutkan ceramah agama.
 
Masjid Agung Baitul Ma'mur ini menjadi lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IX Kepri yang berlangsung pada 14 sampai 20 Juli 2022. Sebanyak 338 qari dan qariah mengikuti MTQ IX Kepri tersebut berasal dari tujuh kabupaten dan kota yang ada di Kepri.***
 
Follow & Like akun Instagram kami di 
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 

No comments:

Post a Comment