Saturday, July 29, 2023

Masjid Raya Baitul Makmur Tanjunguban, Kepulauan Riau

Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban.
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban berstatus sebagai masjid besar kecamatan Bintan Utara sekaligus juga merupakan masjid terbesar di kabupaten Bintan, Lokasinya berada di Simpang Makam Pahlawan Tanjung Uban, sekitar 80 kilometer dari Kota Tanjungpinang dan dapat diakses dalam waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.
 
Bila dari Batam, pengunjung harus menaiki transportasi laut berupa feri atau speed boat dari Pelabuhan Telaga Punggur. Perjalanan laut ini memakan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Uban, dilanjutkan perjalanan darat sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Uban.
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban
Jl. H. Raja Daud, No. 1,, Tj. Uban Sel., Kec. Bintan Utara
Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152
🌏 https://goo.gl/maps/Eym1tgkSD2ZdrhDUA
 

 
Masjid megah ini menjadi kebanggaan masyarakat Tanjunguban, terlihat kokoh dan menawan dilokasinya yang berada di dataran tinggi. Dari masjid ini kita dapat melihat pemandangan Tanjung uban dan sekitarnya dari ketinggian serta pemandangan laut selat Uban yang memisahkan pulau Batam dengan pulau Bintan.
 
Pembangunan Masjid Raya Baitul Makmur
 
Masjid Raya Baitul Makmur dibangun diatas lahan seluas 1,6 hektar, wakaf dari almarhum H. Raja Daud, yang Namanya diabadikan menjadai nama jalan didepan masjid ini. Peletakan batu pertama pembangunan-nya dilaksanakan sekitar tahun 2007 oleh Bapak Bupati Bintan Ansar Ahmad.
 
Penggunaan pertama kali masjid ini ditandai dengan pelaksanaan sholat jum’at berjamaah pada tanggal 27 Juli 2012 bertepatan dengan safari Gubernur Kepulauan Riau di Kecamatan Bintan Utara. Dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada tanggal 31 Mei 2015.
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban.

Dan pada perayaan idul fitri 1433 H masjid ini telah digunakan untuk Shalat Ied, yang di ikuti oleh lebih kurang 6000 jama’ah yang memenuhi ruang utama masjid hingga ke halaman dan tempat parkir kendaraan.
 
Arsitektur Masjid Raya Baitul Makmur
 
Masjid dua lantai ini mengadopsi gaya arsitektur kontemporer yang dipadukan dengan nuansa tradisional. Dibangun dua lantai dengan daya tampung didalam masjid mencapai 2000 jemaah ditambah dengan area serambi dan halamannya dapat menampung hingga 6000 jemaah sekaligus.
 
Ruang shalat utama berada di lantai dasar dengan ruang mihrab yang diberi ornamen ukiran dari kayu jati dan ukiran kaligrafi nama-nama khalifah dan kalimat tahlil. Mimbar setinggi lebih kurang 2 meter diletakkan didalam mihrab. Dibagian atas mimbar dipasang kaligrafi dua kalimah syahadat. Sekeliling dinding bagian atas ruang shalat dhias kaligrafi Asmaul Husna.
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban.

Kubah masjid dibangun dengan kerangka baja ringan tahan karat. Diameter kubah mencapai 9 meter dengan biaya pembangunan kubahnya saja sekitar Rp. 600 juta. Masjid ini memiliki lima kubah yang melambangkan 5 rukun Islam.
 
Masjid Besar Baitul Makmur dilengkapi 100 keran air wudhu, 12 kamar kecil, ruang kantor sekretariat, penyejuk ruangan, sarana untuk pernikahan, ruang pendidikan, ruang imam, dan ruang jaga yang didukung oleh 6 orang petugas kebersihan dan gharim Masjid.
 
Interior masjid juga dipercantik dengan kehadiran beberapa jam antik, selain itu, ruangan masjid ini juga dihiasi dengan lampu-lampu cantik yang estetik. Masjid Besar Baitul Ma’mur dikelilingi taman seluas 4000 m² dan area parkir yang mampu menampung 750 motor dan 150 mobil.
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban.

Wisata Religi
 
Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban kini termasuk di dalam wisata religi meskipun masjid ini bukan kategori masjid tua, tapi termasuk masjid yang memiliki arsitektur yang memukau.
 
Apalagi dengan adanya taman yang ada di sekeliling masjid dan juga ornamen warna lantai yang penuh warna membuat Masjid Raya Baitul Makmur terlihat megah dan artistik. Dan selama bulan suci Ramadhan masjid ini menjadi lebih menarik dengan programnya menggelar buka puasa setiap hari.***
 
Rujukan
 
http://kemegahanmasjid.blogspot.co.id/2015/09/masjid-baitul-makmur-tanjunguban.html
http://seputartanjunguban.blogspot.co.id/2015/02/masjid-baitul-makmur-tanjunguban.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Baitul_Makmur_Tanjung_Uban
https://direktoripariwisata.id/unit/7699
http://mbbm.or.id/profil/sejarah/
https://batam.tribunnews.com/2021/04/18/sejarah-masjid-raya-baitul-makmur-terbesar-di-bintan-adakan-bukber-tiap-hari.
https://www.melayupedia.com/berita/1042/masjid-colorfull-ini-ada-di-tanjung-uban-lho

 
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
  
Baca Juga
 
Masjid Nurul Islam Muka Kuning – Batam
Masjid Raja Haji Abdul Gani ; Masjid Tertua di Karimun
Masjid Raya Baitussyakur Batam
 

No comments:

Post a Comment