Sunday, July 9, 2023

Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang

Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Masjid Agung Baitul Mukminin merupakan masjid agung kota santri Jombang yang menjadi kebanggaan warga setempat dengan bangunan nya yang megah serta aktivitas ke-Islamannya yang sangat kental. Konon, dalam sejarahnya, Masjid Agung Baitul Mukminin ini berperan dalam sejarah lahirnya organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) dengan pimpinan pertamanya KH. Hasyim Asyari yang memang asli n’jombang.
 
Berdiri megah di di Jalan KH. A. Dahlan nomor 28 disebelah barat alun alun Jombang, berseberangan dengan pendopo dan kantor Bupati Jombang disebelah timur alun alun. Sedangkan di sisi selatan alun alun terdapat stasiun kereta api jombang. Karena letaknya, masjid ini menjadi tempat singgah bagi para musafir yang tiba atau akan berangkat dari stasiun Jombang.
 
Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang
Jl. KH. A. Dahlan No.28, Jombatan, Kec. Jombang
Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419
https://goo.gl/maps/QGfh5n8ZABe7uWEp9
 

 
Kabupaten Jombang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Mojokerto yang dibentuk pada 1811, dan pada 1910 Jombang berdiri sendiri sebagai kabupaten. Lebih jauh ke masa lalu Jombang diperkirakan sempat menjadi ibukota kerajaan Mataram ketika Mpu SIndok memindahkan ibukota Mataram dari Jateng ke Jatim sekitar tahun 929.
 
Jombang sebagai tanah kelahiran dan tempat dimakamkan-nya presiden RI ke-4, KH Abdulrahman Wahid atau lebih dikenal sebagai Gusdur, menjadi salah satu kota tujuan wisata ziarah. Tak heran bila masjid Agung Baitul Mukminin Jombang ini juga kerap kali diramaikan oleh Jemaah dari berbagai daerah yang sedang berziarah ke Jombang.
 
Interior Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Sejarah Singkat Masjid Agung Baitul Mukminin
 
Sejarah berdirinya Masjid Baitul Mukminin ini memiliki korelasi dan hubungan erat dengan berdirinya Pendopo Kabupaten Jombang saat Jombang berdiri sebagai kabupaten terpisah dari Kabupaten Mojokerto ditahun 1910.
 
Sedangkan bangunan masjid Agung yang saat ini berdiri merupakan hasil pembangunan besar besaran sejak tahun 2010. Pemancangan tiang pertama pembangunan masjid Agung Baitul Mukminin ini dilaksanakan pada 24 Februasi 2010 oleh Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MMA ditandai dengan pemecahan kendi pada tiang pancang, dan diresmikan pada 27 Oktober 2012 oleh Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.
 
Arsitektur Masjid Agung Baitul Mukminin
 
Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang dibangun dengan memadukan arsitektur Jawa dan arsitektur masjid modern. Atap limas bersusun tiga menjadi ciri khas bangunan masjid berlanggam Jawa pada bangunan utama masjid dengan keseluruhan badan bangunan masjid tinggi besar bedinding beton dilengkapi dengan beranda dan jejeran beberapa anak tangga di sisi depan.
 
Bangunan utamanya terdiri dari dua lantai yakni lantai utama dan lantai mezanin. Sepasang menara kembar mengapit bangunan masjid disisi depan. Masuk kedalam ruang sholat utama masjid dilantai satu terasa begitu lega, karena sokoguru bangunan tidak berdiri ditengah ruangan, kesan selesa atau lega lebih terasa dengan langi langit yang tidak diplafon.
 
Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.

Mihrab masjid berbentuk gerbang setinggi tembok masjid, diapit sepasang pilar beton. Dihias dengan ukiran kayu. Mimbar khutbah dari kayu berukir juga ditempatkan didalam mihrab. Jendela masjid tarbuat dari kaya patri dengan ornamen floral. Jendela kaca di dinding sisi mihrab diletakkan di sisi atas dinding bangunan.
 
Fasilitas Masjid Agung Baitul Mukminin
 
Masjid yang namanya memiliki arti sebagai perkumpulan orang-orang muslim ini, mampu menampung 1.500 jamaah. Sementara itu ketika Ramadhan kegiatan masjid sangat padat mulai dari pengajian ba’da Subuh hingga kegiatan tadarus. Fasilitas yang ada dalam komplek Masjid Agung Baitul Mukminin tergolong lengkap, mulai dari tempat parkir, kamar mandi, tempat wudhu umum dan khusus lansia, serta terdapat gedung Isalamic Center.***
 
Rujukan
 
https://kabarjombang.com/religi/mengenal-masjid-agung-baitul-mukminin-jombang-kental-budaya-jawa/
https://idntrip.com/tempat-wisata-di-jombang/
http://grchexacon.blogspot.com/2015/11/masjid-agung-baitul-mukminin-jombang.html

No comments:

Post a Comment