Sunday, July 23, 2023

Masjid Agung Baiturrahman Pulau Murotai, Maluku Utara

Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Pulau Murotai, Maluku Utara.
 
Masjid Agung Baiturrahman adalah masjid agung di kabupaten Pulau Murotai provinsi Maluku Utara. Pulau Morotai merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, di bagian paling Utara. Luas wilayah Pulau Morotai adalah 2.337,15 km². Kabupaten Pulau Morotai diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 2009.
 
Pulau Morotai dikelilingi laut-laut besar. Di sebelah utara, Morotai berbatasan dengan Samudera Pasifik, di sebelah barat dan timur dengan Laut Halmahera, dan di selatan berbatasan dengan Selat Morotai.
 
Masjid Agung " Baiturrahman" Morotai
Gotalamo, Kecamatan Morotai Selatan
Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara
 
 
Pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Pulau Murotai
 
Pembangunan Masjid Agung Baiturrahman dimulai tahun 2020, di kawasan wisata religi di dalam CBD Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Pembangunan sempat mendapatkan tantangan berat.
 
Pasalanya pembangun masjid ini bersamaan dengan pembangunan Gedung Oikoumene atau Morotai Christian Center sebagai tempat berbagai aktifitas kegiatan keagamaan warga nasrani. Posisi Islamic Center dan Christian Center itu mengapit Puskesmas Daruba.
 
Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Pulau Murotai, Maluku Utara.

Peresmian Masjid Agung Baiturrahman Pulau Murotai
 
Masjid agung Baiturrahman Pulau Murotai diresmikan oleh Bupati Pulau Murotai Benny Laos pada hari selasa 29 Maret 2022, didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, Ketua MUI Maluku Utara dan para imam se-Provinsi Maluku Utara. Peresmian tersebut menandai soft opening Kawasan wisata religi tersebut.
 
Sebelum peresmian masjid Agung Baiturahman, Kakanwil Kemenag Prov Maluku Utara lebih dulu melantik para imam dan pengurus masjid agung dan selanjutnya Bupati Morotai menandatangani prasasti masjid agung sebagai tanda peresmian. Penetapan para imam dan Pengurus Badan Takmir Masjid Agung Baiturrahman berdasarkan SK Bupati Pulau Morotai Nomor 450/I/KPPS/2022. Haji Abdul Karim ditetapkan sebagai Ketua Badan Takmir Masjid Agung Baiturrahman.
 
Interior Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Pulau Murotai, Maluku Utara.

Sejak diresmikan masjid Agung Baiturrahman ini telah menjadi landmark bagi salah satu pulau terluar Indonesia di bagian utara yang langsung menghadap ke Samudera pasifik tersebut. Peresmian masjid agung tersebut sekaligus menjadi refleksi pembangunan di bidang ideologi masyarakat Morotai. Sebab, aktivitas di Masjid Agung Baiturrahman Morotai itu menjadi cerminan optimalisasi rumah ibadah serta tempat berbagai aktivitas keagamaan.
 
Arsitektur Masjid Agung Baiturrahman Pulau Murotai
 
Bangunan utama Masjid Agung Baiturrahman dibangunan dengan denah persegi delapan, bagian atapnya dilengkapi dengan satu kubah utama dibagian tengah dan diapit oleh empat kubah berukuran lebih kecil di empat penjuru atap dengan corak yang senada.
 
Interior Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Pulau Murotai, Maluku Utara.

Empat Menara tinggi menjulang dibangun terpisah dari bangunan utama di empat penjuru bangunan masjid. Baik bangunan utama masjid maupun empat menaranya dibalut dengan warna putih bersih. Denah masjid dan bentuk empat menaranya ini mengingatkan pada bentuk Taj Mahal di Agra, India.
 
Fasilitas Masjid Agung Baiturrahman Pulau Murotai
 
Di sebelahnya, berbarengan dengan pembangunan masjid itu juga dibangun miniatur Ka'bah dengan ukuran panjang dan lebar yang sama dengan Ka'bah asli di Masjidil Haram, tetapi bangunannya lebih rendah. Replika Baitullah selanjutnya akan dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan manasik bagi masyarakat Morotai dan Maluku Utara yang akan menunaikan ibadah haji maupun umrah.
 
Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Pulau Murotai, Maluku Utara.

Kompleks Masjid Agung Baiturrahman juga dilengkapi dengan Gedung Islamic Center yang diberi nama “Khairunnas” dengan aula yang cukup luas berdaya tamping 1500 orang hingga dapat digunakan oleh warga untuk hajatan masyarakat, semisal pernikahan, perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an, atau kegiatan lain yang melibatkan peserta dalam jumlah besar.
 
Dibangunanya komplek masjid agung dan Islamic center ini juga terselip rencana dan harapan menjadikan Pulau Murotai sebagai embarkasi haji bagi Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, sebagaimana disampaikan oleh Bupati Benny Laos dalam sambutannya saat peresmian masjid ini.***
 
Rujukan
 
https://www.tandaseru.com/2022/03/30/masjid-agung-diresmikan-morotai-satu-langkah-maju-menuju-daerah-embarkasi-haji/
https://sabili.id/masjid-agung-baiturrahman-refleksi-kehidupan-beragama-di-pulau-morotai/
https://indotimur.com/nusantara/bupati-benny-resmi-masjid-agung-baiturrahman-pulau-morotai

 
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga
 
Masjid Agung Ibnu Abdullah Masohi - Maluku Tengah,
Masjid Raya Al-Istiqomah Sanana, Kepulauan Sula
Masjid Gammalamo Jailolo
Masjid Raya Sigi Lamo Jailolo
Masjid Agung Nurul Haq, Kepulauan Aru, Maluku
Masjid Agung Al-Buruj, Pulau Buru, Maluku
Masjid Agung Iqro, Halmahera Timur
 

No comments:

Post a Comment