Monday, July 3, 2023

Masjid Agung An-Nur Bolsel, Sulawesi Utara

Masjid Agung An-Nur Bolaang Mongondow Selatan (foto: infobolsel)
 
Masjid Agung An-Nur adalah Masjid Agung di Kabupaten Bolsel (Bolaan Mongondow Selatan) provinsi Sulawesi Utara. Lokasinya berada di sisi tenggara Alun Alun Molibagu, kecamatan Bolaang Uki. Molibagu secara resmi merupakan ibukota kabupaten Bolsel sebelum dibangun komplek kantor Bupati yang baru di desa Tabilaa.
 
Nama resmi yang terpasang di pagar masjid menyebutnya sebagai masjid Agung An-Nur, namun di peta google map hanya disebut sebagai masjid An-Nur. Lokasi masjid ini juga terpaut cukup jauh lebih dari 10 km dari komplek kantor pemerintahan kabupaten Bolsel yang baru.
 
Masjid An Nur
Popodu, Kec. Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara
https://goo.gl/maps/cFG97aUGrL1fpUu67
 

 
Di komplek kantor Pemkab Bolsel juga sudah berdiri masjid baru yang cukup besar dan megah disebut dengan Masjid Bolsel bersama dengan bangunan gereja perkantoran Bolsek dan pura Amertha Segara Bolsel.
 
Merujuk kepada situs kemenag masjid (agung) An-Nur Bolsel ini sudah berumur cukup tua, dibangun pertama kali pada tahun 1912 diatas tanah wakaf seluas 3000 meter persegi dengan luas bangunan 1600 meter persegi dan daya tampung 750 jemaah.
 
Rehabilitasi terhadap masjid agung An Nur Bolsel dilaksanakan pada tahun 2018 yang lalu bersamaan dengan persiapan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat provinsi Sulawesi Utara yang digelar pada 2 – 8 Mei 2018. Renovasi tersebut dianggarkan dana 1 Milyar Rupiah dari APBD Bolsel Tahun 2018 dan dari APBD Bolsel tahun 2017. 
 
Fasilitas yang dimiliki terdiri dari area Parkir, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Sound System dan Multimedia, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu dan Sarana Ibadah.
 
Masjid Agung An-Nur Bolaang Mongondow Selatan (foto: infobolsel)

Dengan beragam kegiatan meliputi Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu.
 
Sapi Kurban dari Presiden
 
Pada hari raya Idul Adha 2020 Bupati Iskandar Kamaru, beserta jajaran Pemkab Bolsel melaksanakan Salat Idul Adha bersama masyarakat di Masjid Agung An-Nur, sementara, Wabup (Wakil Bupati) Deddy Abdul Hamid, bersama masyarakat melaksanakan Salat di Masjid AT-TAQWA Pinolosian.
 
Di momen itu, Kabupaten Bolsel mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang diterima langsung oleh Bupati Iskandar Kamaru. Adapun bantuan sapi dari Presiden RI, langsung diserahkan kepada panitia untuk disembelih. Penyerahan hewan kurban tersebut berlangsung di halaman Masjid Agung An-Nur Molibagu.
 
Rujukan
 
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/2076/
https://www.manadotoday.co.id/pemerintahan/tutup-rangkaian-mtq-tingkat-provinsi-sulut-kandouw-momentum-ini-agar-mempertebal-iman-dan-taqwa/
https://www.pilarsulut.com/2018/05/wagub-kandouw-tutup-seluruh-rangkaian-mtq-xxvii-tingkat-provinsi-se-sulut/
https://bolmora.com/07/2020/44731/bupati-dan-wabup-bolsel-laksanakan-salat-idul-adha-bersama-masyarakat-di-dua-tempat-berbeda/

No comments:

Post a Comment