Saturday, July 22, 2023

Masjid Agung Baiturrahman Boroko, Bolaan Mongondow Utara

Masjid Agung Baiturrahman Boroko, Bolaan Mongondow Utara (foto: tangkapan layar bolmut channel)

Saat ini, Kabupaten Bolaan Mongondow Utara memiliki dua bangunan masjid agung yang lokasinya bersebelahan. Pembangunan masjid agung yang baru ditujukan untuk meningkatkan kapasitas masjid dari sebelumnya hanya mampu menampung maksimal 1030 jemaah ditingkatkan menjadi 3000 jemaah di masjid agung yang baru.
 
Masjid Agung Baiturrahman atau acapkali disebut sebagai masjid agung Boroko merujuk pada lokasinya berada di desa Boroko kecamatan Kaidipang. Lokasinya berdiri di sisi barat lapangan kembar Boroko. Disekitar lapangan ini berdiri berbagai Gedung pemerintahan daerah Kabupaten Bolaan Mongondow Utara termasuk komplek kantor bupati Bolaan Mongondow Utara yang terpaut sekitar 800 meter disebelah selatan bangunan masjid agung ini.
 
Masjid Agung Baiturrahman Boroko
Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara
 

Sejarah Masjid Agung Baiturrahman Boroko
 
Masjid agung Baiturrahman Boroko (yang pertama) dibangun tahun 1936 diatas tanah wakaf seluas 800 meter persegi dengan luas bangunan 678 meter persegi dengan daya tampung 1030 jemaah. Sedangkan masjid agung Baiturrahman Boroko yang baru, dibangun sejak bulan Juli 2017 dengan ukuran 31x31 meter dengan daya tampung mencapai 3000 jemaah sekaligus.
 
Belum ada keputusan final terkait dengan bangunan masjid agung yang lama, meski sempat terdengar kabar bangunan masjid tersebut nantinya akan dibongkar dan lahan nya akan dialihfungsi.

Wacana pembangunan masjid agung Baiturrahman yang baru sudah mencuat ditahun 2013 dimasa kepemimpinan Bupati Bolmut Drs Hi Hamdan Datunsolang MM (menjabat 2008 - 21 April 2013). 

Pembangunan tahap pertama masjid agung baiturrahman (yang baru) dilakukan pada Juli 2017 – Desember 2017 dengan pagu anggaran Rp. 4.386.475.000 setelah itu dilanjutkan dengan pengerjaan tahap kedua di tahun 2018.
 
Interior Masjid Agung Baiturrahman Bolaan Mongondow Utara.

Masjid Agung Baiturrahman yang baru mulai digunakan pertama kali dengan penyelenggaraan sholat Jum’at pada 26 April 2019 dilanjutkan dengan do’a syukuran penggunaan (pemanfaatan) masjid tersebut yang dihadiri langsung oleh Bupati Bolaan Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh.

Turut hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekretaris Daerah DR. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah serta Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat.
 
Dalam sambutannya, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengungkapkan rasa syukurnya dengan dimulainya pemanfaatan Masjid Agung Boroko yang baru ini. Hal ini menunjukkan kesamaan dan kebersamaan visi yang terbangun antara Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam mengembangkan syiar Agama Islam.
 
Disampaikan, terima kasih kepada masyarakat serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung proses pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Boroko. Dirinya berharap Masjid Agung Baiturrahman Boroko dapat dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik.
 
Dua bangunan Masjid Agung Baiturrahman Bolaan Mongondow Utara.

Fasilitas Masjid
 
Masjid Agung Baiturrahman Boroko berdenah persegi empat simetris dengan atap joglo tunggal. Di masing masing empat penjuru bangunan dilengkapi dengan bentuk Menara beserta kubah yang bentuk dan coraknya sama persis dengan kubah utama di puncak atap bangunan utama.
 
Didalam ruangan masjid berdiri kokoh empat sokoguru menopang struktur atap yang tidak di plafon sehingga memberikan kesan lega di dalam masjid. Pintu akses ditempatkan di sisi timur dan selatan. Mihrab masjid berbentuk gerbang besar setinggi tembok masjid dengan ornament warna hijau. Satu mimbar dari kayu berukir ditempatkan didalam mihrab. Ruangan dalam masjid ini juga memiliki lantai mezanin.
 
Kegiatan Masjid
 
Sebagai masjid agung kabupaten, Masjid Agung Baiturrahman Boroko menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di Bolaang Mondondow Utara. Berbagai acara tingkat kabupaten diselenggarakan di masjid ini.
 
Pada 22 maret 2023 Bupati Bolmut Depri Pontoh mengikuti sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1444H/2023 oleh kemenag RI di Jakarta, secara virtual di Masjid Agung Boroko ini. Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Hi. Amin Lasena, Forkopimda, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan Sangadi serta masyarakat.
 
Susana didalam Masjid Agung Baiturrahman Boroko, Bolaan Mongondow Utara (foto: tangkapan layar bolmut channel)

Peringatan pergantian tahun 2022-2023 pun diselenggarakan di Masjid Agung Baiturrahman ini dihadiri oleh Bupati Bolmut dan pejabat setempat, dengan menyelenggarakan doa dan zikir Bersama. Dalam kesempatan itu bupati bolmut mengajak Jemaah yang hadir untuk merenung dan berkontemplasi secara lebih mendalam memetic intisari dan makna hakiki dari proses bergantinya hari dan bergulirnya waktu.
 
Tradisi tahunan di Bolmut diselenggarakan setiap memperihati hari jadi kabupaten Bolmut, diselenggarakan ziarah dan do’a Bersama untuk para tokoh presidium pemekaran kabupaten Bolmut. Kegiatan ziarah bermula dari Masjid Agung Baiturahman Boroko yang diawali dengan kata-kata adat dan doa bersama kepada arwah tokoh pejuang presidium pemekaran. Doa dipimpin langsung Imam Masjid Agung Boroko Saharin Harundja.
 
Dilanjutkan dengan ziarah kubur tokoh presidium pemekaran yang berada di empat kecamatan terpisah di kabupaten Bolmut. Sehingga peziarah dibagi menjadi empat tim masing masing dipimpin oleh Bupati, wakil bupati, Sekda, dan ketua DPRD Bolmut.***
 
Rujukan
 
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/2785/
https://www.pilarsulut.com/2017/10/tahun-2018-boroko-bakal-miliki-masjid-terbesar-bolmut/
https://www.trendingpublik.com/pemda-bolmut-gelar-syukuran-penggunaan-masjid-agung-boroko/
https://mediasulutgo.com/bupati-depri-pontoh-mengikuti-sidang-isbat-secara-virtual-di-masjid-agung-boroko/
https://asumsi.id/sambut-tahun-baru-2023-pemkab-bolmut-gelar-dzikir-dan-doa-bersama/
https://totabuan.news/terkini/bolmut-segera-miliki-masjid-agung/
 
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Baca Juga Masjid di Sulawesi Lainnya
 
Masjid Agung An-Nur Luwuk
Masjid Agung Ilaykal Mashir Majene
Masjid Agung Lasusua, Kolaka Utara
Masjid Agung An-Nur Bolsel, Sulawesi Utara  
Masjid Awaluddin Al Jannah, Hagia Sophia-nya kabupaten Muna

No comments:

Post a Comment