Sunday, July 21, 2019

Masjid Agung Ilaykal Mashir Majene – Sulawesi Barat

Tampil menawan dengan warna cerah. Masjid Agung Ilaykal Mashir Majene ini dibangun dua lantai. Ruang sholat utama ditempatkan dilantai dua. Lantai dasarnya digunakan sebagai area berbagai fasilitas pendukung termasuk aula serbaguna.

Masjid Agung Ilaykal Mashir adalah masjid agung kabupaten Majene, provinsi Sulawesi Barat. Masjid agung ini diresmikan Bupati Majene, Kalma Katta, pada hari Jumat, 14 Agustus 2015. Peresmian itu disambut gembira masyarakat mengingat masjid itu dibangun selama tujuh tahun. Peresmian masjid tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Majene, Kalma Katta, pada pukul 10.28 WITA, upacara peresmian itu juga bertepatan dengan ulang tahun kabupaten Majene ke 470.

ikon baru di kota Majene.

Peresmian yang dilaksanakan pada hari Jum’at itu sekaligus meresmikan penggunaan masjid Agung Ilaykal Mashir dimulai dengan sholat jum’at perdana. Terlihat sejumlah pejabat, Bupati Majene, Kalma Katta, Wakil Bupati Fahmi Massiara, Ketua DPRD, Darmansyah, serta masyarakat Majene memadati masjid agung tersebut.

Masjid Agung Ilaykal Mashir Majene
Jl. Gatot Subroto, Pangali-Ali, Banggae
Kabupaten Majene, Sulawesi Barat



Masjid Agung Ilaykal Mashir dibangun dalam gaya arsitektur bangunan masjid modern seperti yang kini menjadi trend pembangunan masjid agung di berbagai daerah di Sulawesi. Bangunan tinggi besar dengan dinding tembok masiv dilengkapi dengan kubah besar di atap nya ditambah dengan beberapa kubah berukuran lebih kecil bewarna senada di masing masing ke empat sudut atap bangunannya.

Warna cerah digunakan untuk ekterior masjid ini sedangkan di interior masjid menggunakan paduan warna putih dan hijau sebagai aksen pemanis. Objek paling menarik di interior masjid Agung Ilaykal Mashir ini adalah Mimbar khutbahnya yang dibuat dalam bentuk yang sangat unik, mengadopsi kearifan lokal masyarakat Majene.

Mimbar Masjid Agung Ilaykal Mashir kabupaten Majene, sangat khas.
Berdiri megah dengan dua lantai, masjid ini adalah salah satu mesjid termegah di Sulawesi Barat. Dibangun di kawasan kompleks perkantoran Pemkab Majene namun dapat diakses dari segala arah dalam kota Majene. Panitia pembangunan mesjid ini diprakarsai dan dipimpin langsung oleh bupati Majene H.Kalma Katta.

Proyek Pembangunan Masjid Agung Ilaykal Mashir

Proyek pembangunan masjid kabupaten Majene dimulai sejak peletakan batu pertamanya tahun 2008. Untuk penyelesaian pembangunannya dibutuhkan dana 30 milyar dengan sumber dana dari APBD kabupaten Majene dan APBD Provinsi Sulawesi Barat secara multiyear. Cukup lama proyek pembangunan masjid ini baru rampung, hingga diresmikan ditahun 2015.

Master plan pembangunannya berupa masjid dua lantai dilengkapi dengan sarana Ibadah modern serta Islamic Centre. Lantai II dikhususkan sebagai tempat sholat, sedangkan lantai I diperuntukkan sekretariat perkantoran lembaga Islam mulai dari MUI, BKMT dan lainnya.
dilantai I juga terdapat aula serbaguna.

Interior Masjid Agung Ilaykal Mashir.
Menurut Kepala Dinas PU Majene, Ir. Adam Yahya, MT, luas lahan Masjid Agung Majene adalah 1,1 Ha, sedang luas bangunannya adalah 0,5 Ha. Sementara luas area parkir dan taman adalah 0,6 Ha. Diperkirakan memiliki daya tampung sebanyak 4.000 jemaah. Sementara di area parkir bila Sholat I’d bisa menampung jamaah 6.000 orang. Sehingga bila ditotal perkiraan daya tampung jemaah bisa mencapai 10.000 orang jemaah di dalam dan diluar masjid.

Pusat Aktivitas Keislamana Kabupaten Majene

Sebagai masjid agung kabupaten Masjid Agung Ilaykal Mashir menjadi pusat dari beragam aktivitas Islam di Kabupaten Majene. Masjid ini menjadi pusat aktivitas peringatan hari hari besar Islam tingkat kabupaten, penyelenggaraan sholat Idul Fitri dan Idul Adha hingga pelepasan dan penyambutan Jemaah haji dari kabupaten Majene.

Setahun setelah diresmikan, pada tanggal 16 Agustus 2016, masjid Agung Ilaykal Mashir menjadi tempat pelepasan keberangkatan 200 calon jemaah Haji Kabupaten Majene 1437 H / 2016 M. Upacara tersebut dihari oleh Bupati Majene Dr H Fahmi Massiara MH, Wakil Bupati Majene H Lukman SPd, MPd, Ketua DPRD Majene Drs. Darmansyah, Wakil Ketua DPRD II Hj Hasbina Arif Saleh S.Sos, MSI, Kasdim 1401 Majene, para SKPD Majene, kepala kementrian agama kab. Majene, Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Majene, Sulawesi Barat, Komisaris Polisi Bambang Haryono S.Sos, seluruh jamaah calon haji dan tamu undangan lainnya.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga


No comments:

Post a Comment