Sunday, July 14, 2019

Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo – Gorontalo

Megah dalam arsitektur modern lengkap dengan kubah besar bewarna emas di atap masjid ditambah dengan empat kubah dengan bentuk dan warna yang sama di ke empat sudutnya.

Masjid Agung Baiturrahmah adalah masjid agung kabupaten Boalemo provinsi Gorontalo di pulau Sulawesi. Masjid Agung ini dibangun tahun 1980 di Kecamatan Tilamuta selaku Ibukota Kabupaten Boalemo, karenanya juga seringkali disebut sebagai Masjid Agung Tilamuta merujuk kepada tempatnya berdiri atau masjid Agung Boalemo merujuk kepada kabupaten-nya.

Kabupaten Boalemo adalah salah satu kabupaten di provinsi Gorontalo, dibentuk secara resmi pada tanggal 12 Oktober 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2000 tentang Pembentukan Kabupaten Boalemo. Sebelumnya wilayah kabupaten Boalemo merupakan bagian dari wilayah kabupaten Gorontalo.

Masjid Agung Boalemo
Jalan Hi. Thayeb Moh. Gobel, Hungayonaa
Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo
Provinsi Gorontalo Gorontalo 96263



Lokasi masjid Agung Baiturrahmah tidak persis disisi selatan alun alun kota Tilamuta, namun berada beberapa puluh meter ke arah barat dari alun alun, berseberangan dengan kantor Bank BRI kantor Cabang pembantu Tilamuta, berjejer di satu ruas jalan yang sama dengan Gereja Bahtera Tilamuta, menunjukkan bahwa kerukunan beragama di Boalemo terjalin sangat baik.

Berdisi di sisi selatan ruas jalan Jalan Hi. Thayeb Moh. Gobel (trans Sulawesi) yang membentang arah timur barat dengan sendirinya denah masjid ini sedikit miring dari ruas jalan tersebut, mengikuti arah kiblat. Sebagai masjid agung kabupaten, lokasinya memang tidak jauh dari kantor Bupati Boalemo yang berada di sisi timur alun alun Tilamuta.

Pembangunan Masjid Agung Baiturrahmah

Merujuk kepada situs kemenag RI, Masjid Agung Baiturrahmah dibangun tahun 1980 diatas lahan wakaf seluas 4000 meter2, luas bangunan masjidnya 3500m2 dan diperkirakan mampu menampung 1000 jemaah, dan merupakan masjid terbesar di kabupaten Boalemo. Keindahannya menjadikan masjid ini sebagai saah satu daya daya tarik wisatawan local.

Masjid Agung Boalemo dilengkapi dengan satu menaranya yang menjulang.
Keberadaan Masjid Baiturrahmah ini memang sudah lebih dulu berdiri di tahun 1980 sebelum Boalemo disyahkan sebagai kabupaten baru sebagai pemekaran dari kabupaten Gorontalo di tahun 1999, baru kemudian masjid ini diresmikan sebagai masjid agung kabupaten Boalemo dan dilakukan perbaikan dan penyesuaian fungsi sebagai masjid agung.

Pemerintah provinsi Gorontalo turut berkontribusi untuk perbaikan dan pembangunan masjid agung ini melalui Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyumbang dana sebesar Rp. 500 juta pada tanggal 19 Oktober 2018 disusul kemudian sumbangan serupa diserahkan oleh Gubernur pada tanggal.

Pusat Aktivitas Islam Boalemo

Menjalankan fungsinya sebagai masjid agung kabupaten, Masjid Agung Baiturrahmah menjadi pusat aktivitas Islam di kabupaten Boalemo, termasuk pusat penyelenggaraan peringatan hari hari besar Islam dan sholat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) yang dihadiri oleh Bupati, wakil Bupati, para pejabat, SKPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama dan masyarakat muslim setempat.

Masjid Agung Baiturrahmah dari arah gerbang.
Masjid Agung Baiturrahmah juga menjadi tempat penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) tingkat kabupaten Boalemi seperti yang diselenggarakan pada bulan Februari 2019. Acara tersebut dibuka dan ditutup oleh bupati Boalemo Bupati Boalemo, Darwis Moridu yang diwakili Sekda, Husain Etango.

Tradisi Lebaran Boalemo

Khsusus dalam penyelenggaraan Sholat Idul Fitri, seperti halnya wilayah lain di provinsi Gorontalalo, kabupaten Boalemo juga memiliki khasazah budaya adat tradisi dalam menyambut dan mengantar bupati yang akan melaksanakan sholat Idul Fitri, Tradisi yang merupakan adat turun temurun masyarakat muslim Gorontalo.

Seperti pada penyelenggaraan sholat Idul Fitri 1440H / 5 Juni 2019 yang lalu Bupati dan wakil Bupati Boalemo Darwis Moridu dan Anas Yusuf melaksanakan sholat id bersama masyarakat dimasjid Agung Baiturrahmah kabupaten Boalemo, sebelum beranjak menuju masjid Agung Boalemo, Bupati dan Wakil Bupati menjalani serangkaian prosesi adat oleh dewan adat Boalemo di rumah jabatan Bupati.

Pada sholat Idul Fitri tersebut yang menjadi Imam sholat adalah Sutarman Pusi yang merupakan dewan adat Boalemo dan khotib Harun B. Yunus yang juga menjabat sebagai kepala kementrian agama kabupaten Boalemo.

Tangga besar masjid agung kabupaten Boalemo mengantar jemaah langsung ke ruang utama masjid dari halaman depan.

Arsitektur Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo

Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo dibangun dengan faras lantai lebih tinggi dari tanah disekitarnya, sederet anak tangga berukuran lebar disiapkan sebagai akses dari halaman langsung menuju ruang sholat utama masjid. Denah bangunannya simetris seperti denah masjid Kesultanan Deli di kota Medan.

Empat sudut bangunan dilengkapi dengan pavilion kecil diengkapi dengan kubah berukuran lebih kecil dari kubah utamanya. Sebuah kubah bundar ditempatkan di tengah atap utama di kelilingi empat kubah lainnya, semua kubah ini bewarna kuning emas. Di puncak kubah utama dihias dengan ornamen lafazd Allah sedangkan empat kubah lainnya dihias ornamen bulan bintan.

Masjid ini juga dilengkapi dengan satu bangunan menara menjulang tinggi di sisi barat laut bangunan utama. Tidak terlalu banyak ornament hias di dalam masjid ini, barangkali karena memang bangunannya memang masih relatif baru. Muka ruang mihrabnya dibangun senada dengan lengkungan lengkungan fasad bangunan utama, satu mimbar kayu berukir ditempatkan di sisi Mihrab.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga



No comments:

Post a Comment