Saturday, July 20, 2019

Mengintip Keindahan Enam Masjid Agung Di Provinsi Gorontalo

Enam masjid agung di enam wilayah kabupaten dan kota di provinsi Gorontalo.

Gorontalo adalah salah satu provinsi yang berada di pulau Sulawesi. Provinsi Gorontalo beribukota di Kota Gorontalo. Sebelumnya Gorontalo merupakan bagian dari wilayah provinsi Sulawesi Utara yang kemudian dimekarkan sebagai daerah otonomi baru berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia.

Masyarakat Gorontalo terkenal sangat agamis, wajar bila kemudian dari beberapa kabupatennya yang baru dibentuk setelah pembentukan provinsi Gorontalo di tahun 2000 bersegera membangun masjid agung di masing masing ibukota kabupatennya, saat ini bahkan pemerintah provinsi Gorontalo sedang mempersiapkan pembangunan masjid Agung provinsi Gorontalo di Kota Gorontalo. Mari kita intip kemegahan enam masjid agung di masing masing enam kabupaten dan kota di provinsi Gorontalo.

Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo (1728)

Masjid Agung tertua di provinsi Gorontalo.
Masjid Agung Baiturrahim adalah Masjid Agung di Kota Gorontalo, Ibukota Provinsi Gorontalo di Pulau Sulawesi. Masjid Agung Baiturrahim merupakan bangunan masjid terbesar dan termegah di kota Gorontalo. Sekaligus menjadi masjid tertua di kota Gorontalo sekaligus juga menjadi masjid Agung Tertua dari enam wilayah di provinsi Gorontalo. Lokasinya berdiri di ruas jalan Wartabone ditengah tengah  kota Gorontalo.

Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo pertama kali dibangun pada tanggal 18 Maret 1728 bertepatan dengan tanggal 6 Syaban 1140 Hijriah, oleh Raja Gorontalo ke-10 bernama Sultan Botutihe. Pada awalnya bangunan masjid ini dibangun sebagai sebuah bangunan berbentuk rumah panggung dengan tiang tiang tinggi. Bahan bangunannya seluruhnya menggunakan kayu kayu besi tanpa beton dan semen seperti saat ini.

Masjid Agung Al-Marhamah, Kabupaten Bone Bolango (1820)

Masjid Agung tertua kedua di provinsi Gorontalo.
Masjid Agung Al-marhamah adalah masjid agung kabupaten Bone Bolango, provinsi Gorontalo di pulau Sulawesi. Masjid agung megah dengan dominasi warna putih ini memiliki sejarah yang cukup panjang, pertama kali dibangun tahun 1820. Lokasinya berada di desa Desa Bubeya, kecamatan Suwawa, kabupaten Bone Bolango provinsi Gorontalo.

Kabupaten Bone Bolango merupakan pemekaran dari Kabupaten Gorontalo ditahun 2003. Pada waktu dimekarkan Kabupaten Bone Bolango hanya terdiri atas empat wilayah kecamatan, yaitu: Bone Pantai, Kabila, Suwawa, dan Tapa. Sampai bulan September 2011, Kabupaten Bone Bolango mengalami banyak proses pemekaran kecamatan menjadi 17 kecamatan dan 1 kecamatan persiapan (wilayah Pinogu).

Masjid Agung Baiturrahman Limboto, Kabupaten Gorontalo (1979)

Masjid Agung kabupaten Gorontalo di Limboto.
Kabupaten Gorontalo adalah salah satu kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo. Ibu kota kabupaten ini terletak di Limboto. Sejak ditetapkan sebagai Kabupaten pada tahun 1959 hingga sekarang, Kabupaten Gorontalo sudah mengalami tiga kali pemekaran. Pemekaran pertama pada tahun 1999 yang melahirkan Kabupaten Boalemo, pemekaran ke dua pada tahun 2003 yang melahirkan Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir pada tahun 2007 yang melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara.

Masjid Agung Baiturrahman adalah masjid agung kabupaten Gorontalo yang dibangun di Limboto sebagai ibukota kabupaten Gorontalo. Masjid ini diresmikan penggunaannya di tahun 1979 dan merupakan masjid terbesar dan termegah di kabupaten Gorontalo. Berdiri di atas lahan wakaf seluas 62.500 meter persegi, masjid seluas 22.500 meter persegi ini diperkirakan mampu menampung hingga 2500 jemaah sekaligus.

Masjid Agung Baiturrahmah, Kabupaten Boalemo (1980)

Masjid Agung kabupten Boalemo.
Masjid Agung Baiturrahmah adalah masjid agung kabupaten Boalemo, dibangun tahun 1980 di Kecamatan Tilamuta selaku Ibukota Kabupaten Boalemo, karenanya juga seringkali disebut sebagai Masjid Agung Tilamuta merujuk kepada tempatnya berdiri atau masjid Agung Boalemo merujuk kepada kabupaten-nya.

Kabupaten Boalemo dibentuk secara resmi pada tanggal 12 Oktober 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2000 tentang Pembentukan Kabupaten Boalemo. Sebelumnya wilayah kabupaten Boalemo merupakan bagian dari wilayah kabupaten Gorontalo.

Masjid Agung Baiturrahim Kabupaten Pohuwato (2010)

Masjid Agung kabupaten Pohuwato di Marisa.
Kabupaten Pohuwato atau Kabupaten Pahuwato adalah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Boalemo. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 yang ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Marisa ditetapkan sebagai ibukota kabupaten Pohuwato, di kota Marisa ini tempat berdirinya  Masjid Agung kabupaten Pohuwato.

Masjid Agung Kabupaten Pohuwato ini dibangun sekitar tahun 2010. Lokasinya berada di komplek perkantoran pemerintahan kabupaten di Marisa. Meski menyandang nama Baiturrahim dan berada di Marisa, masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Pohuwato. Tulisan nama berukuran besar yang dipasang di taman masjid pun ditulis dengan nama Masjid Agung Pohuwato.

Masjid Agung Baiturrahim Moluo, Kabupaten Gorontalo Utara (2011)
           
Masjid Agung kabupaten Gorontalo Utara di Moluo.
Masjid Agung Baiturrahim merupakan masjid agung kabupaten Gorontalo Utara, lokasinya berada di Desa Moluo, kecamatan Kwandang. Masjid ini dibangun tahun 2011 di atas lahan seluas 3500 meter persegi dengan luas bangunan 625 meter persegi dan berdaya tampung 1000 jemaah.

Kabupaten Gorontalo Utara baru dibentuk tahun 2007 dan beribukota di Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, sebelumnya wilayah kabupaten ini merupakan bagian dari kabupaten Gorontalo. Kabupaten Gorontalo Utara juga menjadi kabupaten termuda di wilayah provinsi Gorontalo.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo (1728)
Masjid Agung Al-Marhamah Bone Bolango (1820)
Masjid Agung Baiturrahman Limboto (1979)
Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo – Gorontalo (1980)
Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato – Gorontalo (2010)
Masjid Agung Baiturrahim Moluo - Gorontalo Utara (2011)


No comments:

Post a Comment