Sunday, July 7, 2019

Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato – Gorontalo

Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato, dibangun di kompleks pusat pemerintahan kabupaten Pohuwato di Marisa.

Kabupaten Pohuwato atau Kabupaten Pahuwato adalah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Boalemo. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 yang ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Marisa ditetapkan sebagai ibukota kabupaten Pohuwato, di kota Marisa ini tempat berdirinya  Masjid Agung kabupaten Pohuwato.

Masjid Agung Kabupaten Pohuwato ini dibangun sekitar tahun 2010. Lokasinya berada di komplek perkantoran pemerintahan kabupaten di Marisa. Meski menyandang nama Baiturrahim dan berada di Marisa, masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Pohuwato. Tulisan nama berukuran besar yang dipasang di taman masjid pun ditulis dengan nama Masjid Agung Pohuwato.

Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato
Kompleks Blok Plane Perkantoran Pohuwato
Palopo, Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo 96265


Masjid Agung Baiturrahim berdiri diatas tanah seluas 10.000 m2 lokasinya berada di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo Koordinat : N 0°27'43.6" E121°56'48.8". masjid ini juga dilengkapi dengan taman dibagian depan masjid yang menjadi pavorit warga untuk mengisi waktu luang disenja hari.

Dibangun dengan gaya bangunan masjid modern lengkap dengan kubah besar di atap nya masjid ini tampak begitu manis dengan penggunaan warna warna pastel di bagian eksteriornya, sementara bagian interiornya di dominasi warna putih bersih dengan sentuhan aksesn warna warna emas.

Ukiran ukiran kaligrafi menghias beberapa sisi pilar bagian dalam masjid, termasuk juga pada bagian mihrabnya. Sebuah lukisan mushaf surah Al-Fatihah menghias sisi kiblat di ruang mihrab, sedangkan ukiran kayu menjadi penghias lengkungan bagian atas ruang mihrab.  Disisi kiri dan kanan mihrab terdapat lukisan Lafazd Allah dan Muhammad dalam ukuran yang cukup besar.

Interior Masjid Agung Baiturrahim, megah dan lapang, lantainya dialas dengan karpet pesanan khusus lengkap dengan nama masjid terajut indah
Ruang dalam masjid ini terasa lega dan lapang dengan penggunaan warna putih terang dan langit langitnya yang cukup tinggi. Sementara karpet masjid yang di dominasi warna hijau merupakan karpet pesanan khusus lengkap dengan tulisan masjid Agung Baiturrahim di tengah tengah ruangan dibawah kubah utama.

Tradisi Sholat Hari Raya

Tradisi yang cukup menarik di Gorontalo termasuk di kabupaten Pohuwato ini adalah ketika pelaksanaan Sholat Idul Fitri ataupun Idul Adha, Bupati selaku kepala daerah yang akan melaksanakan sholat di masjid agung dijemput dan diantar secara adat menuju ke masjid agung.

Seperti yang terekam media pada penyelenggaraan sholat Idul Adha 1438H (2017) yang lalu, Bupati Syarif Mbuinga dan Wakil Bupati Amin Haras serta Ketua DPRD Nasir Giasi menuju Masjid Agung Baiturahim diantar dengan nuansa adat Gorontalo khas Aliawu. Pukul 7.00, WITA, tampak para pemangku adat Bate, Banny Kaluku, para pemuka agama mendampingi Bupati dan Wakil Bupati yang diiringi dengan Silat Langga, diantar sampai pintu masuk Masjid.

Acara adat menyambut dan mengantar Bupati yang akan sholat hari raya di Masjid Agung Pohuwato.
Tiba di Masjid tampak Jamaah sudah memenuhi Masjid. Para Kepala Dinas yang mengenakan  pakaian adat itu, memasuki Masjid, melewati karpet merah langsung mengambil posisi barisan depan yang telah dipersiapkan. Tradisi sholat hari raya di masjid ini dilanjutkan dengan penyerahan tongkat oleh pemangku adat kepada khatib sebelum khutbah di mulai. Tradisi yang masih dapat kita temui di berbagai masjid di Indonesia meski penyerahan tongkat tersebut tidak selalu dilakukan oleh pemangku adat.

Kunjungan Presiden Joko Widodo

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke provinsi Gorontalo, presiden Joko Widodo sempat singgah ke masjid Agung Baiturrahim Pohuwato ini pada tanggal 3 Juni 2016 untuk menunaikan ibadah sholat Jum’at. Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tiba di masjid sekitar pukul 11.45 Wita, bersama dengan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Dirut PT PLN Sofyan Basir.

Taman di depan masjid Agung Pohuwato.
Dalam kunjungan ke Gorontalo, Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo berkapasitas 4x25 MW di provinsi itu. PLTG Gorontalo itu berlokasi di Jalan Trans Sulawesi Desa Maleo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. PLTG itu merupakan bagian dari target pembangunan tenaga listrik 35.000 MW.

MTQ Gorontalo di Masjid Agung Pohuwato

Pada bulan Mei 2016 masjid Agung Pohuwato menjadi pusat perhelatan musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Gorontalo. Acara tersebut dimulai dengan pemukulan beduk oleh gubernur Gorontalo Rusli Habibie, didampingi Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga. MTQ yang menghabiskan dana Rp. 2 Milyar rupiah tersebut berlangsung sukses dan meriah.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga


No comments:

Post a Comment