Saturday, July 6, 2019

Masjid Agung Baiturrahim Moluo - Gorontalo Utara


Masih gress alias masih anyar, suasana masjid agung kabupaten Gorontalo Utara pada saat baru selesai dibangun.

Masjid Agung Baiturrahim merupakan masjid agung kabupaten Gorontalo Utara, lokasinya berada di Desa Moluo, kecamatan Kwandang. Masjid ini dibangun tahun 2011 di atas lahan seluas 3500 meter persegi dengan luas bangunan 625 meter persegi dan berdaya tampung 1000 jemaah. Kabupaten Gorontalo Utara baru dibentuk tahun 2007 dan beribukota di Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, sebelumnya wilayah kabupaten ini merupakan bagian dari kabupaten Gorontalo.

Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo Utara
Dusun Pasar Baru, Desa Moluo
Kec. Kwandang Kab. Gorontalo Utara 




Sebagai masjid kabupaten, Masjid Agung Baiturrahim Moluo ini menjadi pusat aktivitas ke Islaman di kabupaten Gorontalo utara termasuk penyelanggaraan peringatan hari hari besar Islam dan penyelenggaraan sholat idul fitri dan idul adha hingga penyembelihan hewan Qurban yang biasa dipusatkan di pelataran masjid ini.

Seperti contoh pada sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1436 (2015) yang lalu, sholat Idul adha di masjid ini juga diikuti oleh bupati Gorontalo utara Indra Yasin dan Wabup Roni Imran. Setelah sholat Idul Fitri Bupati dan wakil bupati menyerahkan secara simbolis seekor sapi kurban untuk langsung di sembelih saat itu juga. Secara keseluruhan Bupati menyalurkan 40 ekor sapi qurban bantuan pemda setempat dipusatkan di pelataran masjid agung dan dikuti secara serentak di setiap kecamatan.

Suasana Idul Fitri di Masjid Agung Gorontalo Utara. Perhatikan kubah masjidnya yang sudah berubah penampilan, tampak lebih indah.

Tradisi menyambut Bupati

Seperti di wilayah Gorontalo lainnya, masyarakat muslim Gorontalo Utara juga memiliki tradisi yang sama dalam menjemput Bupati dan pejabat lainnya saat menunaikan sholat hari raya di masjid Agung dengan acara adat, tokoh adat setempat menyambut dengan acara adat termasuk tampilan pencak silat, dan mengantar Bupati dan para pejabat pemerintah masuk ke masjid hingga ke tempat duduk mereka yang telah disiapkan di shaf paling depan.

Seperti pada sholat idul fitri yang jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019 yang lalu, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin disambut dengan acara adat yang sama, dan pada hari itu beliau juga bertindak sebagai khatib idul fitri. Acara adat juga dilaksanakan pada saat khatib akan menaiki mimbar, ketua ada setempat akan menyerahkan tongkat kepada khatib sebelum khutbah dimulai.

Bupati Gorontalo Utara pada saat disambut dengan acara adat di masjid agung untuk sholat Idul Fitri.

Pada sholat idul fitri tersebut juga dihadiri jajaran pejabat pemerintah daerah setempat, di antaranya Sekretaris Daerah Ridwan Yasin dan Asisten II Thamrin Yusuf, serta Jemaah yang memadati masjid hingga ke halaman depan. Bertindak selaku imam dalam Shalat Id di tempat itu, Tuan Khadi, Kiai Haji Hasan Tarua.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga


No comments:

Post a Comment