Saturday, August 10, 2019

Masjid Agung An-Nur Luwuk

Berdiri megah menghadap ke Teluk Lalong, Masjid Agung An-Nur Luwuk, kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, telah menjadi Ikon Kabupaten terebut.

Masjid Agung An-Nur Luwuk adalah masjid agung kabupaten Banggai provinsi Sulawesi Tengah. Wilayah kabupaten ini berada di ujung Timur Laut pulau Sulawesi, sisi sebelah timurnya menghadap ke laut Maluku. Kabupaten Banggai beribukota di Luwuk, tempat dimana Masjid Agung An-Nur ini berdiri ditepian teluk Lalong. Posisi yang membuatnya tampak begitu indah dari arah lautan Teluk Lalong.

Berdiri di pusat kota Luwuk, masjid Agung An-Nur menjadi ikon ibukota kabupaten Luwuk yang pusat-nya memang berada di tepian teluk Lalong ini, kantor kantor pemerintahan kabupaten juga berdiri disana termasuk kantor DPRD kabupaten Banggai yang juga menghadap ke laut teluk Lalong di sebelah tenggara Masjid Agung An-Nur, sedangkan kantor Bupati Banggai yang baru dibangun cukup jauh, sekitar 6km di sebelah selatan dari Masjid Agung An-Nur.

Masjid Agung An-Nur
JL. Letnan Jenderal MT Haryono, Soho, Luwuk
Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah 94712



Merujuk kepada situs simas kementrian Agama, Masjid Agung An-Nur Luwuk ini dibangun tahun 1986 diatas lahan wakaf seluas 19,039 m2, dengan luas bangunannya 2.000 meter2 dan mampu menampung hingga 3.000 jemaah sekaligus. Situs tersebut tidak memberikan penjelasan lebih rinci tentang masjid ini.

Bangunan masjid Agung An-Nur Luwuk terdiri dari bangunan utama yang dibangun dua lantai dan satu menara yang dibangun terpisah dari bangunan utama. Bangunan utama masjid terdiri dari dua lantai, lantai dasar merupakan ruang sholat utama dan lantai dua berupa mezanin yang juga difungsikan sebagai ruang sholat.

Interior Masjid Agung An-Nur Luwuk

Interior di ruang sholat utama masjid ini terasa lapang karena ketiadaan tiang tiang penyanggah ditengah ruangan masjid. Struktur atapnya disanggah jejeran tiang tiang beton yang menyatu dengan tembok dinding bangunan. Jejeran tiang tiang terdapat di area bawah mezanin yang merupakan tiang tiang penyanggah lantai diatasnya.

Bangunan masjid nya berdenah segi empat, dilengkapi dengan selasar panjang di ketiga sisinya kecualia sisi kiblat. Setiap sisi masjid ini juga dilengkapi dengan balkoni dari beton memayungi area akses ke pintu masuk. Di atap masjid dilengkapi dengan sebuah kubah besar tunggal bewarna kuning emas.

Kompilasi ekterior Masjid Agung An-Nur Luwuk.

Bangunan menara tunggal dibangun di sisi tenggara terpisah dari bangunan masjid. Sebuah menara berdenah segi delapan dengan dua balkoni. Sisi bawah menara lebih besar, dibandingkan bagian atasnya. Sebuah kubah bewarna kuning emas senada dengan kubah masjid ditempatkan di puncak menara.

Masjid ini juga dilengkapi dengan pelataran yang cukup luas disisi timurnya, yang seluruhnya sudah dilapis dengan keramik. Area terbuka disekitar masjid ini masih cukup lapang dan menjadi salah satu tempat paforit warga untuk berkumpul menikmati suasana senja. Berbagai acara tingkat kabupaten seringkali diselenggarakan dikawasan disekitar masjid ini yang memang menjadi pusat keramaian kota Luwuk.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment