Sunday, July 16, 2023

Masjid Agung Al-Hidayah, Hagia Sophia-nya Kabupaten Malang

Masjid Agung Al-Hidayah Kabupaten Malang.

Masjid Agung Al-Hidayah di Kabupaten Malang ini mendadak mencuri perhatian warga karena bentuk bangunan-nya yang mirip dengan masjid Hagia Sopia di Istanbul Turki namun dalam ukuran yang lebih kecil. Lokasinya menyatu dengan komplek pondok pesantren Al-Hidayah di Dusun Bonowarih Desa Karangan, kecamatan Karangploso kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur.
 
Masjid berwarna coklat ini tampak berdiri begitu menonjol dibandingkan bangunan bangunan yang ada di sekitarnya. Akses jalan menuju Masjid Agung Al Hidayah mudah dilalui oleh wisatawan yakni dari pintu tol Karangploso lurus terus ke arah Kota Batu, posisinya masjid tersebut ada di pinggir jalan sebelah kanan.
 
Masjid Agung Al Hidayah Malang
Dusun Bonowarih, Desa Karangan, Kecamatan Karang Ploso
Kabupaten Malang, Jawa Timur 65152
https://goo.gl/maps/UfSZ93yD3kXaniBg9
 
 
Sejarah masjid Agung Al-Hidayah Malang
 
Sejatinya masjid Agung Al-Hidayah ini sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda di komplek pondok pesantren Al-Hidayah, namun tidak diketahui dengan pasti tahun pembangunan masjid ini. Pendirinya adalah KH. Ismail Arif bin Paku Nego, beliau merupakan Tokoh agama pendiri Pondok Pesantren Al Hidayah, makamnya berada disisi barat Masjid Agung Al-Hidayah ini.
 
Pada awalnya bangunan masjid ini hanya berupa bangunan dari bahan bambu lalu diganti dengan batu bata pada renovasi tahun 1988. Tahun 2008 Masjid Agung Al Hidayah mengalami renovasi besar-besaran hingga ke bentuknya saat ini. Total renovasi besar besaran tersebut menghabiskan dana sekitar Rp. 8.5 Milyar bersumber dari jariah masyarakat. 

Bangunan masjid ini dirancang oleh Pak Tholib, beliau bukan seorang seniman dan bukan arsitek, kemampuannya merancang masjid diperoleh secara otodidak. Awalnya pengurus masjid hanya menginginkan bangunan masjid yang bagus dan unik. Kemudian ditunjukkan sebuah lembaran foto masjid Hagia Sophia yang diambil dari kalender. Pengurus pun akhirnya sepakat untuk membangun masjid serupa dalam foto tersebut.
 
Interior Masjid Agung Al-Hidayah Kabupaten Malang.

Saat renovasi besar-besaran pada 2008 bangunan masjid lama mulai dibongkar dan dibangun secara bertahap, karena selama proses pembongkaran dan pembangunan, masjid ini tetap digunakan untuk ibadah sholat. Renovasi tersebut memakan waktu hingga 10 tahun.
 
Arsitektur Masjid Agung Al-Hidayah Malang
 
Masjid Agung Al Hidayah terdiri atas tiga lantai, lantai pertama digunakan sebagai tempat wudhu, kamar mandi dan gudang. Lantai dua digunakan untuk tempat sholat utama dan tempat mihrab dan mimbar berada, sedangkan di lantai tiga juga digunakan tempat sholat serta kajian kajian islam. Ukuran bangunan masjidnya sendiri seluas 20 x 30 meter persegi diperkirakan mampu menampung hingga 700 jemaah sekaligus.
 
Kubah utama masjid didukung 16 kubah lebih kecil yang tersusun sedemikian rupa. Beberapa juga terlihat kubah separuh lingkaran yang berada di sudut-sudut puncak masjid. Masjid Agung Al Hidayah di Kabupaten Malang ini adalah memiliki menara tunggal setinggi 45 meter. Sedangkan dinding Masjid Agung Al Hidayah ini lebih didominasi oleh warna coklat
 
Masjid Agung Al-Hidayah Kabupaten Malang.

Saat memasuki Masjid Al Hidayah Jemaah akan menemukan ruangan masjid yang lapang dengan atap begitu tinggi ditopang oleh tiang-tiang penyangga beruikuran besar. Para pengunjung akan disambut dengan ukiran dan ornamen yang menarik dan layar televisi LED di area bawah bangunan. Ditambah dengan kaligrafi kaligrafi estetik menghiasi dinding dan sisi dalam kubah kubah masjid.
 
Objek Wisata Religi
 
Arsitektur dan interiornya yang mirip dengan Hagia Sophia berhasil mengundang perhatian masyarakat luas. Mereka biasanya menyempatkan diri berfoto selfie, selain menjalankan ibadah salat lima waktu. Sering kali juga digunakan tempat ijab kabul dan foto pranikah. Pasangan yang akan berfoto prewed atau menikah cukup mengajukan izin kepada pengurus setempat. Hanya saja harus tetap menjaga sopan santun dan adab di masjid.***
 
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------
 
Rujukan
 
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5556434/masjid-agung-al-hidayah-mirip-hagia-sophia-turki-di-malang-habiskan-rp-85-miliar
https://travelingyuk.com/masjid-al-hidayah-karangploso/296152/
https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/syiar/pr-596326361/destinasi-wisata-religi-masjid-agung-al-hidayah-malang-jawa-timur-mirip-arsitektur-hagia-sophia-di-turki
https://khazanah.republika.co.id/berita/qs09s1483/menengok-hagia-sophia-di-malang

 
Baca Juga
 
Masjid Agung An-Nur Kota Batu
Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso
Masjid Agung Darussalam Bojonegoro
Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun
Masjid Agung Baitussalam Nganjuk
Masjid Agung Baitur Rahman Ngawi
Masjid Agung Baitussalam

No comments:

Post a Comment