Saturday, August 13, 2016

Masjid Agung Ulul Azmi dan Islamic Centre Pelalawan

Masjid Ulul Azmi

Pelalawan merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Riau. Kabupaten yang belum lama terbentuk namun menunjukkan perkembangan pembangunan yang cukup impresif. Termasuk pembangunan dibidang ke agamaan. Kabupaten Pelalawan beribukota di Pangkalan Kerinci, Kawasan yang dikembangkan menjadi pusat pemerintahan kabupaten termasuk pusat kegiatan aktivitas Islam di kabupaten tersebut dengan proyek pembangunan islamic Center di Pangkalan Kerinci.

Islamic center Kabupaten Palalawan sudah mulai dibangun sejak tahun 2007-2008 dengan anggaran proyek senilai Rp. 6,1 miliar pada tahun 2007-2008. Dalam perjalanannya, pembangunannya tak kunjung selesai. Bahkan pada tahun 2009, anggarannya kembali ditambah sekitar Rp3,6 miliar. Pembangunan proyek pembangunan Islamic Center ini sudah dimulai sejak masa pemerintahan Bupati Asmun namun belum juga usai hingga masa pemerintahan bupati berikutnya, HM. Haris.


Terbengkalai akibat Skandal Korupsi

Proyek pembangunan Islamic Center Kabupaten Pelalawan ini sempat mangkrak cukup lama akibat kasus korupsi yang mendera-nya. Skandal korupsi tersebut telah menyeret bebeberapa tokoh setempat ke hadapan penegak hukum hingga ke meja hijau dan balik jeruji di tahun 2013, dengan indikasi kerugian negara mencapai Rp. 7,7 Milyar Rupiah, dana parahnya lagi, selama dipersidangan terungkap bahwa bangunan yang sudah dibangun tidak layak untuk dipergunakan karena telah terjadi penyimpangan proyek.

Sangat disayangkan, Islamic center yang seyogyanya dibangun dengan salah satu fungsinya adalah sebagai pusat pembinaan umat namun justru proses pembangunannya diwarnai oleh praktek prakterk yang tidak menunjukkan akhlak yang mulia oleh beberapa oknum yang terlibat dalam proses pembangunannya. Kawasan Proyek pembangunan yang tak kunjung usai ini cukup lama terbengkalai dan menjadi tempat perbuatan yang tak pantas. Menyikapi hal tersebut FPI Pelalawan sempat melayangkan permintaan pemagaran kawasan komplek tersebut kepada Bupati HM. Haris, untuk menghindari digunakannya areal tersebut sebagai tempat maksiat.

ditepian Jalan Lintas Timur Sumatera 

Masjid Agung Ulil Azmi dan Islamic Center Pelalawan Kini

Meski sempat cukup lama tebengkalai, salah satu bangunan dari Komplek Islamic Center ini kini terlihat berdiri megah di tepian ruas jalan lintas timur Sumatera, sementara bangunan pendukung lainnya termasuk gedung Islamic centernya masih belum jelas kelanjutannya. Di awal tahun 2016, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pelalawan, H Iswadi M Yazid LC kembali angkat bicara soal-soal kondisi dan rencana kelanjutan pembangunan Masjid Agung Ulul Azmi dan Islamic Centre sebagai Ikon Religi dan urat nadi keagamaan di Pelalawan. Pemkab Pelalawan diminta fokus untuk menjadikan Masjid Agung Ulul Azmi dan Islamic Centre sebagai ikon religi dan urat nadi keagamaan di Pelalawan.

Karena berbicara Masjid Agung kita berbicara lambang dan simbol. Tentunya kita berharap permasalahan pengeras suara yang lebih besar di luar dari yang di dalam, masuknya orang ke masjid menuju toilet hingga penyalahgunaan Islamic Centre oleh sejumlah pihak tidak terjadi lagi. Ditambahkan H Iswadi, ke depannya Masjid Agung Ulul Azmi dan Islamic Centre diharapkan dapat dibangun dengan sesegera mungkin.

Secara tekhnis memang urusan administratif Masjid Ulul Azmi masih dipegang Pemkab Pelalawan namun tetap memberi kesempatan pihak-pihak terkait untuk ikut mengembangkan Masjid terutama soal mengimarah dan memakmurkan Masjid. Namun pihak MUI berharap Pemkab fokus ke fisik bangunan dan tetap memberi kesempatan kepada pihak-pihak lain dalam pengembangan Masjid Agung Ulul Azmi.

Masih di awal tahun 2016, Masjid Ulul Azmi disemarakkan dengan perhelatan yang diselenggarakan oleh TNI, Polri bersama Pemprov Riau, Pemkab Pemko Pekanbaru, Pemkab Kampar dan Pemkot Pelalawan dengan sebuah acara Tabligh Akbar bertajuk “Menangkal ISIS dan Radikalisme di Ranah Melayu”, dengan pemateri Ust. Abdurrahman Ayyub dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Ust. Maududi abdullah. Selain di Masjid Ulil Azmi, acara yang sama juga di gelar di Masjid An-Nur Pekanbaru dan Masjid Islamic Center Kabupaten Kampar.***

-------------------------------

Referensi