Sunday, August 14, 2016

Masjid Raya Al-Muttaqin Pangkalan Kerinci

Masjid Al-Muttaqin Pangkalan Kerinci

Masjid Al-Muttaqin berada di Jalan Raya Lintas Timur Sumatra, di Kecamatan Pangkalan Kerinci, ibukota Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Pembangunan masjid ini di danai oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), salah satu pabrik kertas terbesar di Indonesia, berlokasi di daerah ini. Pembangunan masjid ini sebagai peran RAPP dalam kehidupan masyarakat Pangkalan Kerinci dan Kabupaten Pelalawan pada umumnya.

Oleh karena letaknya yang strategis di sisi jalur lintas Sumatra, Masjid Al- Muttaqin sering kali menjadi tempat persinggahan pelancong, baik untuk menunaikan shalat fardhu maupun untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Lokasi Masjid Al-Muttaqin
Jl. Lintas Timur Pangkalan Kerinci - Kerinci
Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau
Indonesia


Masjid Al-Muttaqin berada di pusat keramian Pangkalan Kerinci, berdiri megah di sebelah Gedung Bank Riau Kepri Cabang Pangkalan Kerinci. Kini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Masjid Al-Muttaqin diresmikan tahun 2000 dengan luas bangunan 2000 meter persegi diatas lahan seluas 10.000 meter persegi dengan daya tampung hingga 2.500 jemaah sekaligus.

Masjid Besar Al-Muttaqin Pangkalan Kerinci ini setidaknya menggabungkan tiga gaya arsitektur sekaligus. Menara nya dibangun mirip dengan menara masjid Nabawi di Madinah dengan ukuran yang lebih kecil, Atap nya mengadaptasi atap bersusun khas Nusantara, dan di ujung tertinggi atapnya menggunakan Kubah bawang khas dinasti Mughal India.

Interior Masjid Al-Muttaqin

Kubah bawang juga ditempatkan di tiga bangunan beranda di tiga sisi bangunan masjid ini, dengan ukuran yang lebih kecil dari kubah utama. Warna hijau mendominasi kubah kubah masjid ini beserta atapnya dengan pola geometris bewarna hijau muda. Empat menara masjid ini ditempatkan di empat penjuru masjid namun bukan berupa bangunan terpisah dari bangunan utama.

Kaligrafi Masjid Raya Pangkalan Kerinci Riau

Kaligrafi interior masjid timbul dengan bahan sponhard ketebalan 3 dan 5 mm Kaligrafi yang digunakan adalah jenis khat kufi dan sulus. Bidang-bidang hiasan kaligrafi interior masjid ini meliputi kaligrafi mihrab, kaligrafi mirip gerbang dibagian depan sebelah kiri dan kanan dan hiasan kaligrafi di sekeliling interior masjid bagian atas dengan khat sulus dan kufi dikombinasikan dengan kaligrafi asmaul husna dibagian bawah kaligrafi tersebut. Ornamen di dalam masjid ini juga menggunakan GRC dengan pola geometris menggunakan warna lembut di kombinasi dengan warna emas.***