Saturday, August 27, 2016

Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu

Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu

Masjid Agung At-Taqwa merupakan masjid Agung Kota Bengkulu, provinsi Bengkulu, berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Masjid megah berbalut warna putih ini menjadi salah satu ikon kota Bengkulu.

Lokasi Masjid Agung At-Taqwa
Jl. Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas
Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.
Provinsi Bengkulu – Indonesia



Masjid ini dibangun tahun 1988, pada masa pemerintahan gubernur Soeprapto dan diresmikan oleh presiden Soeharto 1 Juli 1989. Luas ruang utama masjid ialah 879,2 m2, dan luas keseluruhannya mencapai 1.104,5 m2, mampu menampung 2.900 jamaah. Bangunan masjid ini dilengkapi dengan halaman yang luas dengan hamparan rumput yang menghijau.

Arsitektur masjid merupakan perpaduan antara corak tradisional Indonesia dengan langgam Turki dan Yunani menghasilkan bentuk bangunan masjid megah dengan keunikannya tersendiri, terutama bagian atapnya yang tampak seperti pesawat dalam kisah kisah UFO sebagai paduan dari bentuk kubah besar khas Turki dipadu dengan atap berundak undak khas Indonesia namun dalam denah melingkar bukan persegi empat, dan diantara tingkatan atap dilengkapi dengan jendela jendela kecil.

Masjid Agung AT-Taqwa di malam hari

Jejeran pilar pilar beton bundar di teras masjid ini merupakan langgam bangunan Kuil kuno Yunani, yang kemudian menjadi ciri khas bangunan Eropa dan Amerika. Masjid dengan Nuansa Gedung putih cukup tepat untuk menyebut masjid ini dengan warnanya yang serba putih. Ciri khas Ke-Indonesia-annya sangat terasa pada bagian interior. Citarasa Turki lainnya ada pada menaranya yang dibangun lebih dari satu dan terpisah dari bangunan utama.

Empat menara masjid Agung At-Taqwa ini berhasil menghadirkan langgam Turki dengan citarasa Indonesia. Denah menaranya bersegi empat seperti denah menara menara masjid tua di Sumatera lainnya, tidak seperti masjid khas Turki yang bundar. Bangunan masjid ini mirip seperti sebuah bangunan tugu dengan beberapa undakan yang semakin ke ujung semakin mengecil.***