Sunday, August 7, 2016

Islamic Center Tanggamus

Masjid Nurul Faizin di komplek Islamic Center Kabupaten Tanggamus

Kabupaten Tanggamus adalah salah satu kabupaten di Propinsi Lampung. Nama Kabupaten Tanggamus diambil dari nama Gunung Tanggamus yang berada di jantung wilayah kabupaten ini. Ibu kota kabupaten Tanggamus berada di Kota Agung Pusat. Kabupaten Tanggamus berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1997, tanggal 21 Maret 1997. setelah sebelumnya merupakan wilayah kerja Pembantu Bupati Lampung Selatan Wilayah Kota Agung yang berkedudukan di Kota Agung.

Kabupaten Tanggamus memiliki sebuah komplek Islamic Center yang berada di Kota Agung, sehingga seringkali disebut dengan nama Islamic Center Kota Agung. di dalam komplek Islamic Center ini dilengkapi dengan bangunan masjid, gedung serba guna dan bangunan pendukung lainnya termasuk juga RSUD kabupaten Tanggamus juga di berada di komplek yang sama.

Lokasi Islamic Center Tanggamus
Jl. Soekarno Hatta Komplek Islamic Centre Kotaagung,Kab.Tanggamus, 35384
Lampung, Tanggamus


Islamic Center Kabupaten Tanggamus ini berada di Kota Agung, di lokasi tak jauh dari RSUD Kabupaten Tanggamus, namun cukup jauh dari fasilitas publik lainnya. Lokasinya cukup sepi, jauh dari perkampungan. Dari Taman Kota Agung jaraknya sekitar 2 km, ke arah timur. Persis sebelum Pantai Terbaya dari arah Kota Agung, ada jalan masuk kek kiri dan di atasnya juga da Gapura bertuliskan Islamic Center Tanggamus.

Jalan masuk Islamic Center berupa jalan dua jalur yang sudah diaspal bagus, dan di kanan kirinya masih banyak kebun-kebun yang cukup rimbun pohonnya, dengan mayoritas tanaman berupa coklat dan pepaya serta kelapa. Lahan di sekitar lokasi ini sudah mulai dibuka dan ditawarkan per kavling oleh pemiliknya.

Masjid Nurul Faizin sebelum di renovasi

Masjid di Komplek Islamic Center Kota Agung Tanggamus ini diberi nama Masjid Nurul Faizin, selain masjid di komplek ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lain nya. Dari depan, Masjid Islamic Center Tanggamus ini, terlihat cukup kokoh dengan warna coklat dan juga putih kecoklatan. Bangunan masjidnya cukup mentereng dan juga kelihatan nyaman, hanya saja karena letaknya yang jauh pusat keramaian warga, masjid di komplek ini sepi jemaah dan perawatan.

Di tahun 2011 Masjid ini sempat mengalami perbaikan dan penataan kembali kawasan disekitarnya dengan dana dari Pemkab Tanggamus sebesar  Rp. 3 Milyar Rupiah. Perbaikan meliputi seluruh kerusakan bangunan serta penataan kembali  tata ruang kompleks Islamic Center, Kota Agung. Ditahun 2015 Komplek Islamic Center ini kembali di perbaiki sebagai bagian dari persiapan perhelatan MTQ ke 44 tingkat provinsi Lampung di selenggarakan di Kabupaten Tanggamus.

Di bulan April 2016 Islamic Center Kota Agung ini menjadi pusat dari perhelatan akbar Mutsabaqoh tilawatil qur’an (MTQ) ke 44 tingkat Provinsi Lampung. Selain Islamic Center, MTQ tersebut juga di helat di aula kodim, Gedung SMAN 2, Taman Kota, dan Masjid Al Islah. Sementara untuk asrama para kafilah, pelatih, pembina dan official sudah disiapkan di sekolah usaha perikanan menengah (SUPM) Kotaagung Barat, asrama Islamic centre, asrama kodim, asrama Polres, Gedung SLB, serta mes Pemda yang ada di kecamatan Gisting. Ajang tersebut di ikuti kafilah dari 14 kabupaten/kota se provinsi Lampung. ***