Saturday, August 6, 2016

Islamic Center Kabupaten Pesawaran

Masjid Islamic Center Arrayan, Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Kabupaten Pesawaran adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Kabupaten ini diresmikan pada tanggal 2 November 2007 berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Pesawaran. Semula kabupaten ini merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten Pesawaran Beribukota di Gedong Tataan.

Kabupaten Pesawaran telah memiliki Islamic Center yang berada di lokasi strategis di pinggir jalan lintas tiga kabupaten yakni Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus. Karena lokasinya masjid ini menjadi persinggahan bagi umat Islam yang melakukan perjalanan dari berbagai kabupaten termasuk Lampung Barat, bahkan dari daerah lain di Sumatera yang melintasi Jalur lintas barat Sumatera, seperti Bengkulu. Letaknya yang persis berada di pinggir jalan raya menyebabkan masjid ini pas untuk ikon daerah Pesawaran.

Lokasi Islamic Center Pesawaran
Jl. Ahmad Yani, Pesawaran, Kecamatan Gedung Tataan
Kabupaten Pesawaran, Lampung


Islamic Center Kabupaten Pesawaran diberi nama Islamic Center Arrayan, dibangun dengan dana APBD sebesar Rp. 28 Milyar Rupiah. Masjid dalam komplek Islamic Center ini mampu menampung 3000 jemaah. Islamic center ini mulai dibuka secara resmi oleh Bupati Pesawaran bersamaan dengan acara peringatan Maulid Nabi yang dihadiri oleh ribuan Jemaah dari seluruh desa dan kecamatan di kabupaten Pesawaran.

Sedangkan upacara peresmian Islamic center pesawaran dilaksanakan pada hari Jum’at 13 Maret 2015 oleh Menteri dalam negeri, Tjahyo Kumolo, didampingi oleh Lampung - Ridho Ficardo, Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra, Bupati Lamsel Rycko Menoza dan Kapolda Lampung Brigen Pol Heru Winarko. Peresmian ditandai dengan penandatanganan dokumen dan prasasti oleh mendagri dilanjutkan dengan pengguntingan pita peresmian gedung Islamic Center Masjid Arrayan.

Masjid Islamic Center Arrayan

Sejak diresmikan penggunaanya, Masjid Agung kebanggaan masyarakat Pesawaran itu, dijadikan pusat kegiatan bernuansa Islami selain menjadi tempat ibadah dan syiar Islam, masjid ini juga menjadi ikon kabupaten Pesawaran. Komplek Islamic Center ini juga digunakan sebagai  pemusatan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

Di lokasi ini juga dipergunakan sebagai tempat Manasik bagi umat Islam yang akan menunaikan ibadah Haji dan umroh . Bupati Pesawaran menekankan upaya untuk memakmurkan Masjid ini bukan saja orang-orang dewasa, melainkan juga bisa digunakan untuk belajar Al Qur an bagi anak-anak mulai dari usia dini, remaja dan dewasa. Dan harus dikelola dengan sebaik-baiknya.

Pekarangan komplek Islamic center ini yang cukup luas dengan ridangnya pepohonan menjadikan kawasan ini sebagai lokasi pavorit bagi warga sekitar untuk menikmati suasana sore hari bersama keluarga. Di lokasi ini hampir setiap sore ramai oleh warga yang bersantai disana termasuk beberapa anak anak yang asik bermain skate board.***

-------------------

Referensi


Artikel Terkait