Saturday, April 1, 2017

Masjid Jenderal Besar Soedirman

Masjid Jenderal Besar Soedirman di Purwokerto, Ibukota kabupaten Banyumas.

Masjid Jendral Besar Sordirman merupakan salah satu masjid di kota Purwokerto Ibukota kabupaten Banyumas provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berada di berada di komplek perumahan tentara di Jl. Gatot Subroto. Tepatnya berada disebelah barat SMA Negeri 2 Purwokerto.

Digunakannya nama Jendral Besar Sordirman sebagai nama masjid ini, selain sebagai bentuk penghormatan kepada beliau, juga dengan niatan supaya masjid megah ini dapat membentuk pribadi- pribadi muslim yang bertakwa, tangguh, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejuangan para pahlawan bangsa.

Masjid Jenderal Besar Soedirman
Jalan Gatot Subroto, Sokanegara, Purwokerto Timur
Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115
Indonesia



Jendral Besar Sordirman ini berdiri di lahan seluas 3,7 hektar, lebih luas dari Masjid Agung Purwokerto. Terdiri dari empat lantai termasuk lantai basement, dan mampu menampung hingga 1500 jemaah sekaligus. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh TNI khususnya Korem 071/Wijayakusuma dibawah pimpinan Kol Inf Edison, serta masyarakat muslim setempat.

Pembangunannya merupakan buah gotong-royong banyak pihak. Awal mula mendirikan masjid ini berupa niatan dari pihak TNI untuk memberikan layanan tempat beribadah bagi umat Islam Banyumas. Selain itu, pembangunan masjid tersebut juga upaya mendekatkan antara TNI dan masyarakat dalam kehidupan yang saling berdampingan.

Arstektur yang menawan dari masjid ini menjadikannya sebagai tujuan wisata religi sekaligus ikon baru kabupaten Banyumas.

Anggaran awal Rp 0, namun akhirnya atas bantuan berbagai pihak seperti Al-Irsyad dan masyarakat, pada saat saat diresmikan biaya pembangunan masjid ini sudah mencapai sekitar Rp 6 miliar. Sebuah contoh kemanunggalan yang sangat apik antara TNI dan masyarakat dalam membangun sebuah masjid yang kini menjadi salah satu Ikon Kabupeten Banyumas.

Masjid ini dibangun sejak tahun 2012 yang lalu dan diresmikan oleh Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo dengan cara telekonfrense pada hari Senin tanggal 25 Agustus 2014 yang lalu. Upacara peresmian tersebut dihadiri oleh Danrem  071/Wijayakusuma, Bupati Banyumas, jajaran muspida dan perwakilan organisasi dan masyarakat muslim setempat.

Aireal view masjid Jenderal Besar Soedirman

Pembangunan masjid dengan arsitektur perpaduan gaya Turki dan Cordoba itu terus berjalan. Dalam waktu dekat akan dibangun fasilitas lain, di antaranya menara setinggi 60 meter dan taman yang dilengkapi lampu hias dan air mancur. Keberadaan masjid megah dan indah menjadi kebanggaan tersendiri bagi kaum muslim Banyumas.

Satu hal yang membuat decak kagum desain masjid tersebut, kata dia, bangunan masjid yang megah itu seakan-akan berusaha memanggil orang untuk beribadah di dalamnya. Apalagi, arsitektur bangunannya sangat menawan, yang terlihat di setiap detail ornamennya. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Jenderal Besar Soedirman juga menjadi tujuan wisata religi tidak hanya bagi masyarakat sekitar Purwokerto dan Banyumas, tetapi juga dari warga daerah lainya.***

Referensi