Saturday, April 8, 2017

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Kalbar

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

Masjid Agung Al-Ikhlas adalah masjid agung di kabupaten Ketapang, provinsi Kalimantan Barat. Pembangunannya didanai dari APBD kabupaten Ketapang tahun anggaran 2011 hingga tahun 2016. Keseluruhan dana pembangunanya diperkirakan menghabiskan dana lebih dari Rp. 50 Milyar Rupiah.

Anggaran yang telah dipergunakan untuk pembangunan Masjid Agung Al-Ikhlas, 2011 hingga 2015 total anggaran dari APBD Ketapang Rp37 miliar. Ditambah sumbangan dan dana CSR sekitar Rp13 miliar sehingga total anggaran yang telah dipergunakan sebesar Rp50 miliar. dan di tahun 2016 kembali dianggarkan sekitar Rp16 miliar.

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang
Tengah, Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78811
Jl H Agus Salim Kelurahan Tegah Kecamatan Delta Pawan itu diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).


Sampai bulan April 2016 pembangunan masjid ini telah mencapai sudah berjalan sekitar 82 persen. pembangunan masjid Agung Al-Ikhlas ini dinyatakan selesai pada penghujung tahun 2016 meskipun proses penyempurnaan terus berlanjut hingga awal tahun 2017.

Besarnya dana pembangunan masjid ini menimbulkan kecurigaan telah terjadinya penyelewengan dana pembangunannya. Hal tersebut dibantah oleh panitia pembangunan masjid, karena proses pembangunan dan penggunaan anggarannya diperiksa setiap tahun oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalbar dan hasilnya clear dan clean.

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang ini pertama kali dipergunakan untuk sholat hari raya pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1437H hari senin 12 September 2016 yang lalu. Bangunan Masjid Agung Al-Ikhlas yang cukup besar dan bisa menanpung ribuan jamaah ini terasa kecil seiring pertambahan jamaah yang begitu pesat.

Interior Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

Pada saat salat tersebut jamaah perempuan terpaksa ada yang salat di bawah terik matahari. Meski sudah disiapkan tenda untuk jamaah di luar, ternyata tidak mencukupi. Sehingga sebagian jamaah perempuan terpaksa salat di halaman masjid di bawah sinar matahari.

Masjid megah ini disebut sebut memiliki ornamen interior terindah di Indonesia. ornamen masjid tersebut berdasarkan motif multi kemelayuan yang dipadu dengan perpaduan motif masjid di Arab. Bahkan, ada beberapa bahan yang sengaja didatangkan dari luar negeri. Karena tidak didapat dari dalam negeri. Masjid tersebut memiliki luas yang bangunan mencapai 54x54 meter. Diperkiraan masjid tersebut bisa menampung jemaah hingga 5 ribu orang.  

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dibangun dengan rancangan masjid modern kekinian. bangunan utamanya beratapkan satu kubah utama berukuran besar dikelilingi empat kubah berukuran lebih kecil, ditambah lagi dengan enam kubah yang jauh lebih kecil lagi ditempatkan di atas beranda. Empat buah menara tinggi mengapit bangunan utama masjid di ke empat penjuru. Uniknya, Bangunan masjid lama yang berada disamping bangunan masjid baru ini masih tetap dipertahankan disebelahnya.***

Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dari udara

Referensi