Saturday, December 2, 2017

Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung, Lebak, Banten

Masjid Agung Al-A'raf Rangkasbitung, kabupaten Lebak, Banten.

Pernah baca atau nonton film Max Havelar karya Multatuli ?. Adalah Adipati Natanegara, salah satu lakon antagonis yang muncul dalam novel sejarah tersebut, makamnya ada di komplek pemakaman para Adipati Lebak di belakang komplek Masjid Agung Al-A’raaf Rangkasbitung ini. Rangkasbitung merupakan ibukota Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. dan Adipati Natanegara menjabat sebagai Bupati Lebak pada tahun 1830-1865.

Masjid Agung Al Araaf
Jl. Kaum, Rangkasbitung Barat, Rangkasbitung
Kabupaten Lebak, Banten 42312



Makamnya yang terletak di belakang Masjid Agung Lebak—tepat di sisi barat alun-alun—tampak sangat sederhana. Dalam novel Max Havelaar, dia dikisahkan sebagai seorang feodalistis yang kerap menindas rakyat. Makam ini masih sering diziarahi, apalagi oleh para keturunan dari Adipati sendiri.
.
Masjid Agung Al-A’raaf atau Masjid Agung Rangkasbitung atau Masjid Agung Alun Alun Rangkasbitung adalah Masjid Agung bagi Kabupaten Lebak, Pertama kali dibangun pada tahun 1928 di atas tanah wakaf seluas 3.264 m2. Sejak didirikan sudah mengalami beberapa kali perubahan, baik fisik maupun penambahan luas bangunan.
.
Aerial view Masjid Agung Al-A'raf Rangkasbitung, Lebak (foto dari IG | @indrawardhana)

Perombakan pertama dilakukan tahun 1988 diresmikan tahun 2002 dengan biaya Rp. 2.953.334.180, pada masa kepemimpinan Bupati Drs. H. Yasa'a Mulyadi. sedangkan bangunan masjid saat ini merupakan hasil pembangunan tahun 2004 dan selesai pada tahun 2009 dengan biaya Rp. 17.500.000.000,- dimasa kepemimpinan Bupati H. Mulyadi Jayabaya.
.
Uniknya di masjd Agung Al-A’raf ini masih tersimpan sebuah meriam, yang biasanya dipakai dibulan Ramadhan, untuk memberikan tanda bahwa waktu berbuka puasa sudah tiba bagi masyarakat Kabupaten Lebak serta mengakhiri makan sahur selama bulan suci Ramadhan. 

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga


No comments:

Post a Comment