Sunday, December 3, 2017

Masjid Agung Dr. Wahidin Soedirohoesoedo Sleman

Masjid Agung Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Masjid Agung Dr Wahidin Soediro Hoesodo adalah masjid agung kabupaten Sleman provinsi Yogyakarta, lokasinya berada di samping jalan utama dan dekat dengan komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman.

Pembangunan Masjid Agung dimulai pada tanggal 20 Mei 1986, dengan baiaya sebesar Rp. 1.173.304.482. Diresmikan pada tanggal 25 Juni 1990 oleh Bupati Sleman Drs.Samirin, dan dipergunakan untuk ibadah sholat Jum’at pertama pada tanggal 19 April 1991.

Masjid Agung dr. Wahidin Soedirohoesodo
Jalan Parasamya, Tridadi, Kecamatan Sleman
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511
Indonesia



Berbagai kegiatan dalam rangka memakmurkan masjid selain ibadah sholat Fardhu dan Jumat antara lain: pengajian tafsir Al-Qura’an setiap minggu, pengajian Al-Hidayah setiap Jum’at, pengajian ibu-ibu dan anak-anak setiap minggu, Kegiatan Amaliah Ramadhan.

Upaya memakmurkan Masjid Agung terus dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan  antara lain pelatihan manasik Haji, pengajian remaja dan pembinaan PNS Pemda Kab. Sleman sampai dengan pembinaan ekonomi umat. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi masjid baik sebagai tempat ibadah, pendidikan agama, pembinaan umat maupun meningkatkan kesejahteraan umat. 

Nama masjid Agung Sleman ditulis dalam huruf arab di fasad depan masjid. 

Masjid Agung Paripurna Nasional

Pada Tahun 2015, Masjid Agung Dr. Wahidin Soediro Hoesodo menjadi Masjid Agung terbaik di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi Finalis Masjid Agung Percontohan Tingkat Nasional.  Dan di tingkat Nasional, Masjid Agung Sleman ini mendapatkan penghargaan Paripurna Nasional ke 3, Posisi pertama diraih masjid Agung Riau, dan tempat kedua diraih masjid Agung Jawa Timur.

Penilaian itu didasarkan pada fungsi masjid tersebut sebagai tempat ibadah dan juga berbagai aktivitas sosial masyarakat, termasuk kegiatan ekonomi produktif. ‪Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Agama RI, karena takmir masjid Agung Sleman dinilai mampu memakmurkan fungsi masjid secara optimal. Masjid Agung Sleman telah mampu memberikan optimalisasi bagi upaya pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan, baik ekonomi, sosial maupun lainnya.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga