Friday, May 26, 2023

Masjid Agung Riyadlush Shalihin Pangkalan Bun

Masjid Agung Riyadlush Shalihin Kotawaringin Barat [google user Andi_AM 80] 

Masjid Agung Riyadlush Shalihin adalah masjid agung kabupaten Kotawaringin Barat yang berada di Pangkalan Bun. Merupakan masjid utama dan terbesar di kabupaten Kotawaringin Barat. Bangunan masjid ini pertama kali dibangun tahun 1977 menjelang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dan dari tahun ke tahun terus mengalami pembenahan serta perawatan hingga tahun 2015.
 
Posisi masjid ini berada di lokasi strategis di tengah Kota Pangkalan Bun. Konstruksi bangunan dari beton bertingkat dua dan diprediksi mampu menampung hingga 5 ribu jemaah.
 
Masjid Agung Riyadlush Shalihin
Jl. Sutan Syahrir, Sidorejo, Kec. Arut Sel., Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74112
 

 
Bangunan masjid yang kini berdiri merupakan hasil dan renovasi dan pembangunan tahun 2015. Peresmian bangunan masjid baru tersebut dilakukan oleh Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, pada Jum’at 16 Januari 2015 pukul 20.00 WIB.  Upacara peresmian tersebut juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
 
Upacara peresmian masjid Agung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan disaksikan oleh sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta ratusan masyarakat muslim yang hadir. Selain itu juga dilakukan tradisi potong tumpeng oleh Bupati dan pertama kali diserahkan kepada Ketua Masjid Agung Dahlan Mail.
 
Arah Kiblat
 
Penentuan arah kiblat di Masjid Riyadlus Solihin sudah sesuai panduan yang ditetapkan Kementerian Agama RI. Posisi arah kiblat di masjid tersebut berada di Azimuth 293 derajat antara barat dan utara.*** 
 
Referensi
 
http://pde.kotawaringinbaratkab.go.id/?p=2358 (broken link)
http://www.borneonews.co.id/berita/33874-tidak-ada-pengukuran-ulang-arah-kiblat-di-masjid-agung-pangkalan-bun

No comments:

Post a Comment