Sunday, February 11, 2018

Masjid Agung Lasusua Kolaka Utara

Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara.

Lasusua adalah nama kecamatan yang menjadi ibukota kabupaten Kolaka Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Masjid Agung ini resminya adalah Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad, nama yang cukup sulit untuk dilafalkan dan diingat, itu sebabnya masjid megah di tepian laut ini lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Lasusua, merujuk kepada tempat nya berdiri.

Masjid ini dibangun di tahun 2008 yang lalu pada masa pemerintahan Bupati Rusdi Mahmud, Masjid ini pertama kali di gunakan untuk penyelenggaraan sholat Idul Fitri pada tanggal 31 Agustus 2011 meskipun saat itu keseluruhan proses pembangunan masih berjalan.

Masjid Agung Kolaka Utara
Jl. By Pass Desa Ponggiha Kec. Lasusua
Kab. Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara



Bangunan masjid ini selesai pada bulan juni 2017 yang lalu. Dibangun di atas lahan seluas  22.500 meter persegi, luas bangunan masjidnya mencapai 2500 meter persegi dan mampu menampung hingga 3000 jemaah.

Pembangunan masjid ini memang cukup mengesankan, proses pembangunannya terintegrasi dengan pembangunan pusat pemerintahan kabupaten Kolaka Utara. Masjid agung ini berdiri di atas lahan reklamasi di lepas pantai Lasosua, tak hanya bangunan masjidnya, begitu juga dengan jaringan jalan raya yang membentang di sepanjang pantai disekitar masjid ini.

Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara.

Kabupaten Kolaka Utara adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia dengan ibukota Kecamatan Lasusua. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dengan UU Nomor 29 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Merupakan salah satu kabupaten pemekaran yang begitu cepat perkembangannya baik pada sektor pembangunannyaa, pertambangan, pendidikan dan perekonomian. Kota yang dahulunya masih sedikit tertinggal dan kini seperti disulap menjadi sebuah kota yang begitu indah. kota ini juga telah berhasil meraih anugerah adipura.

Masjid Agung Bahrurrasyad Wal Ittihad atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Lasusua di Kabupaten Kolaka Utara.

Uniknya, kabupaten kolaka utara ini satu satunya kabupaten di Sulawesi Tenggara yang memiliki jalan tol. Dan ini sangat bermanfaat terutama masyarakat Kolaka Utara, mengingat rupa bumi di kawasan itu sehingga untuk menempuh perjalanan menuju kota kabupaten harus melalui medan yang begitu terjal dan rawan kecelakaan, hadirnya jalan tol tersebut tentu saja sangat membantu.

Jalan ton yang diberi nama Jalan Tol Lasusua- Tobaku dan memakan dana miliaran rupiah ini dibangun dengan mereklamasi laut Lasusua. Pembangunan jalan tol ini merupakan jawaban dari keluhan warga selama ini yang hendak ke dermaga Tobaku yang mengeluhkan jauhnya jarak tempuh karena harus melewati pendakian terjal di Gunung Lasitarda.

-------------------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
-------------------------------------------------------------------------------

Referensi


Referensi