Saturday, February 3, 2018

Musholla Diatas Laut Nurul Bahar Probolinggo

Mushola Nurul Bahar

Masjid kecil unik di atas air yang satu ini adalah Mushola Nurul Bahar di lepas pantai kawasan wisata hutan mangrove di kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo provinsi Jawa Timur. Sekilas dilihat dari jauh, masjid ini menyerupai kapal layar yang sedang bersandar atau kapal layar sedang terdampar.

Bahan atap yang digunakan dari kain tenda berwarna putih yang didatangkan langsung dari Jerman. Sedangkan dinding dan lantai berbahan papan kayu kelapa. Selain itu, diperbagai sudut diberi dinding kaca, agar jamaah yang melaksanakan sholat atau ibadah lainnya benar-benar seperti berada di tengah laut. Masjid ini diresmikan pada tanggal 13 November 2016.

Musholla Nurul Bahar
Bee Jay Bakau Resort, Pantai Mayangan
Kota Probolinggo, Jawa Timur
Indonesia


Bee Jay Bakau Resort atau yang biasa dikenal sebagai wisata BJBR Probolinggo tempat masjid ini berada, merupakan wisata hutan bakau dengan luas 5 hektar yang berada di pesisir pantai. Awalnya BJBR adalah hutan mangrove Muara Kali Banger yang merupakan daerah kumuh yang penuh dengan sampah, namun tempat itu diubah menjadi kawasan wisata yang menarik bahkan ke seluruh kota di Indonesia. Wisata yang lebih dikenal dengan nama Labuhan Mayangan oleh warga lokal ini, menempati lahan seluas 89 hektar.

Kawasan wisata yang dibangun pada tahun 2013 ini memiliki berbagai kawasan wisata dan penginapan, jogging track yang terbuat dari jembatan kayu sepanjang 700 meter sebagai sarana untuk mengenal ekosistem pasang surut laut serta pemandangan alam pantai disekitar area BJBR dengan angin sepoi-sepoi yang segar.

Musholla Nurul Bahar, Cahaya Diatas Laut

Kawasan wisata BJBR Probolinggo terbagi 2 zona yaitu Pantai Majengan dan Hutan Mangrove yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Pantai Majengan adalah pantai berpasir putih buatan, lengkap dengan berbagai permainan air, perahu kanoe, perahu bebek, waterboom, taman air dan lapangan voli pantai berstandar internasional. Ada juga globe raksasa yang mirip seperti di universal studio, hanya saja yang disini bertuliskan BJBR.

Hutan mangrove di kawasan wisata ini dilengkapi dengan jogging track dan hutan Mangrove. Di Ujung Jogging track ada 2 tempat makan, yaitu Rest-O-tent sebuah restoran laut yang atapnya mirip tenda dengan 4 kubah serta Cafe Jonggrang Mayangan. Ada juga spot tulisan warna warni I love BJBR yang unik menjadi khas wisata BJBR yang selalu rame wisatawan. Ada Gembok Cinta BJBR, disana juga sekalian dijual gemboknya. di lokasi ini juga tersedia tempat peristirahatan bungalow.

-------------------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
-------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga