Sunday, January 28, 2018

Masjid “Kubah Pelangi” An-Nurumi Candisari

Masjid An-Nurumi

Masjid An Nurumi atau lebih dikenal dg sebutan Masjid Kremlin terletak di Jalan Solo, Candisari, Kalasan, Sleman, di jalur perlintasan Jogja-Solo. Masjid ini berada di dalam komplek Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek, dan sengaja di bangun oleh pemiliknya Nur Indarti, Dan anaknya Umi Nur terinspirasi dari bangunan legendaris Katedral Santo Basil yang menjadi ikon kota Moscow di Russia, yang sempat mereka kunjungi.

Lapangan Merah, Katedral Santo Basil dan Kremlin merupakan destinasi wisata paling terkenal di Russia, lokasinya yang berdekatan seringkali membuat turis asing yang berkunjung kesana salah kaprah menyebut salah satu dari tiga ikon tersebut. Wajar bila kemudian warga disekitar Masjid An-Nurumi inipun seringkali menyebut masjid ini sebagai Masjid Kremlin.

Masjid An Nurumi
JL. Raya Yogya - Solo‎, KM.15 Desa Candisari
Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571



Tentang nama masjid ini, An-Nurumi, merupakan gabungan nama ibu dan anak, Ibu Noor (Nur Indarti) dan putrinya yang bernama Umi, yang digabungkan menjadi Nurumi. Kedua nama tersebut terpampang jelas di papan nama Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek yang bersebelahan dengan masjid unik ini.

Pembangunan masjid ini memang terinspirasi dari bentuk bangunan Katedral Santo Basil di Moscow. Konon, ceritanya, ibu Nur dan Putrinya sempat berkunjung ke Moscow, Russia, sepulang dari perjalanan Umroh. terkesan dengan bangunan tersebut, ibu dan anak ini kemudian membangun bangunan yang serupa dengan ukuran yang lebih kecil di halaman samping rumah makan milik mereka di Candisari, Sleman di tahun 2015.

Masjid An-Nurumi

Selain ukurannya lebih kecil, fungsinya pun sama sekali berbeda dengan bangunan legenda di Russia, bangunan yang mereka bangun tersebut justru dibangun sebagai masjid meskipun bagian atapnya meniru bangunan Santo Basil di Moscow tersebut. Maka Jadilah sebuah masjid yang unik seperti yang kita lihat saat ini dan diresmikan pemakaiannya pada tanggal 9 Agustus 2007 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Keunikan masjid ini memang cukup menarik perhatian. saking uniknya, ada yang mengira bangunan ini sebagai toko permen atau toko souvenir, maklumlah selain bentuknya yang unik, papan nama masjid ini juga cukup jauh dari bangunannya. Tak hanya wisatawan lokal yang terpesona dengan masjid ini, turis asing yang melintas disana pun seringkali tersenyum sumringah menyaksikan bangunan unik ini, dan menyempatkan mampir meskipun sejenak untuk berselfie berlatar Masjid An-Nurumi yang unik ini.

-------------------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
-------------------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment