Sunday, January 21, 2018

Masjid "Kubah Pelangi" Al Furqon Bandara Soekarno-Hatta

Masjid Al-Furqon di terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta

Bangunan Masjid ini kental dengan nuansa Eropa Timur klasik yang berbalut warna-warna cerah. Masjid Al-Furqon memiliki kubah dengan bentuk yang unik, yakni menyerupai kubah Katedral Santo Basil yang ada di Lapangan merah Moskow, Rusia. Warnanya yang mengerucut dan berwarna-warni menjadi ciri khas dari masjid ini, masjid ini dirancang oleh Haji Buyung dan memang terinspirasi oleh bangunan di lapangan merah Kremlin tersebut dan dibangun tahun 1989.

Masjid ini juga memiliki 4 buah kubah lain berbentuk menara berwarna kuning dan hijau cerah yang mencuat di sela rerindangan pohon di sekelilingnya. Bentuk kubah dan menara masjid ini yang warna warni mirip dengan permen lollipop, ada juga yang menyebutnya masjid Aladin karena bangunannya mirip bangunan bangunan negeri dongeng 1001 malam.

Masjid Al Furqon
Jl. Raya Bandara Soekarno-Hatta, Pajang, Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15126
Terletak di: Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta
bandarasoekarnohatta.com



Masjid ini adalah Masjid Al-Furqon yang dibangun di dekat area terminal kargo Bandara Soekarno Hatta. Masjid Al-Furqon Bandara Soekarno Hatta berukuran 32 x 36 m dan dibangun dengan 2 lantai yang dikelilingi oleh taman-taman indah. Bagian depan bangunan utama dan setiap tiang penyangganya dipenuhi kaligrafi besar.

Sebenarnya masjid ini bukan satu- satunya yang ada di kawasan bandara. Masih ada tujuh masjid lainnya. Namun, entah disengaja atau tidak, Masjid Al- Furqan yang berarti pembeda-yaitu Islam dan Al-Quran merupakan pembeda dari ajaran dan kitab-kitab sebelumnya-menjadi sangat pas dengan kondisi masjid yang benar-benar berbeda dengan masjid lainnya di sana.

Interior Masjid Al-Furqon Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Arsitek masjid ini juga menyisipkan ciri khas Minang lewat kehadiran empat menara, jendela, dan pintu kecil ala melayu. Masuk ke dalam bangunan utama masjid, di beberapa bagian dinding tampak kaligrafi surat-surat Al-Quran. Bahkan, bentuk kaligrafi di lekukan dalam kubah menyerupai kitab suci Al- Quran.

Ada delapan buah kaligrafi kitab suci, masing-masing berukuran 3 x 4 m, bertuliskan surat Yaasiin. Sementara di bagian langit- langitnya terbentang lukisan awan, membuat kesan luas. Jamaah pun dibuat nyaman dan khusuk menjalankan ibadah. Masjid Al- Furqon bisa menampung 2500 jamaah. Keberadaannya menjadi penyejuk di tengah hiruk pikuk bandara. Juga menjadi wahana spiritual bagi orang- orang yang akan pergi atau baru tiba di gerbang ibukota Jakarta.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga