Saturday, January 20, 2018

Masjid "Kubah Pelangi" Al-Baniah Ujan Mas

Masjid Al-Baniah atau Masjid Kubah Pelangi di desa Ujan Mas Lama.

Masjid dengan kubah warna warni ini sebenarnya bernama Masjid Al-Baniah namun karena warna kubah kubahnya yang warna warni seperti pelangi itu, masyarakat disana menyebutnya dengan masjid kubah pelangi.

Masjid ini berada di Desa Ujan Mas Lama, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia. Masjid ini masih baru dan belum sampai setahun sejak diresmikan oleh Bupati Kabupaten Muara Enim – Muzakir Sai Sohar – pada tanggal 31 Maret 2017 yang lalu.

Masjid Al-Baniah
Jl. Jendral Sudirman, Desa Ujan Mas Lama
Kec. Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim
Sumatera Selatan 31351



Rancangan bangunan masjid ini sebenarnya sama saja dengan bangunan masjid pada umumnya hanya saja pemberian warna pada kubah kubah nya yang membedakan masjid ini dengan masjid masjid lainnya. denah bangunan nya seperti denah masjid Raya Al-Mashun Medan dengan denah lantai belah ketupat.

Masing masing sudut dilengkapi dengan beranda dan setiap beranda ini dilengkapi dengan kubah warna warni di atapnya, sehingga keseluruhan masjid ini memiliki lima kubah termasuk kubah utamanya yang berada di tengah. Salah satu beranda yang berada di sisi barat berfungsi sebagai ruang mihrab masjid.

masjid megah yang berada di tepian jalan lintas tengah sumatera ini kini menjadi kebanggaan Masyarakat Kabupaten Muaraenim khususnya warga Desa Ujan Mas. karena keunikannya masjid ini kini ramai dikunjungi warga yang melintas di kawasan tersebut.

Interior Masjid Kubah Pelangi.

Dibangun pengusaha muslim setempat

Dana pembangunan masjid ini seluruhnya ditanggung oleh Bpk. M. Teguh, seorang pengusaha muslim setempat yang merupakan seorang mualaf. Pembangunannya memakan waktu selama dua tahun, anda dapat melihat foto masjid ini saat dalam proses pembangunan tahun 2015 yang lalu di street view google map di atas.

Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar saat meresmikan Masjid Albaniah, mengatakan, dirinya sangat berharap agar masjid ini nantinya benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga untuk beribadah, apalagi bentuk masjid ini sangat indah dan megah.

Sementara Bpk. M. Teguh berharap agar masjid ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk menjalankan ibadah dan dijaga oleh masyarakat sehingga dapat selalu kelihatan bagus. Usai peresmian masjid Albaniah langsung dilaksanakan salat Jumat perdana dan bertindak sebagai khatib dan imam ustadz kondang H Taufik Hasnuri dari Palembang.

-------------------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
-------------------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga



No comments:

Post a Comment