Saturday, January 13, 2018

Masjid Agung Annur Banjarnegara

Masjid Agung Banjarnegara

Masjid Agung Annur adalah Masjid agung bagi kabupaten Banjarnegara yang berada di ruang jalan KH Ahmad Dalan no.07 Kauman, Banjarnegara, provinsi Jawa Tengah. Masjid agung ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1865, semula berupa masjid kecil dengan ukuran 10 x 15 meter lalu di perbesar dan di bangun hingga ke bentuknya saat ini.

Masjid Agung Annur Banjarnegara ini berada di sisi barat alun alun Banjarnegara, berseberangan dengan kantor Bupati Banjarnegara yang berada di sisi timur alun alun. Posisinya yang berada di pusat kota menjadikan masjid ini tak hanya sebagai masjid tertua dan terbesar namun juga sebagai masjid utama di kabupaten Banjarnegara.

MASJID AN NUR BANJARNEGARA
Banjarnegara, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara
Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53418
Indonesia



Masjid Agung Annur Banjarnegara ini tampil mentereng dengan perpaduan dua gaya arsitektur; Arsitektur masjid modern dengan bangunan beton berkubah setengah bundar ditambah dengan satu bangunan menara terpisah dari bangunan masjid, sementara bangunan utamanya masih mempertahankan bentuk bangunan masjid tradisional khas Indonesia dengan atap limas bersusun tiga.

Presiden jumatan di Masjid Agung Banjarnegara

Hari Jum’at 16 Juni 2017, presiden Joko Widodo bersama rombongan menunaikan sholat Jum’at di masjid agung Annur Banjarnegara ini, setelah beliau melakukan perjalanan darat dari kabupaten Banyumas dalam rangkaian kunjungan kerja beliau ke provinsi Jawa Tengah.

Masyarakat begitu antusias terutama mereka yang bisa turut serta menunaikan shalat Jumat bersama Presiden. Sementara mereka yang tidak turut serta menjalankan ibadah itu menanti Presiden selesai menunaikan ibadah shalat Jumat. Banyak orang memadati Alun-Alun Banjarnegara untuk turut serta dalam acara itu.

Masjid Agung Banjarnegara (foto by IG @shenitasora)
Kampung Ramadan Kauman

Di bulan suci romadhan, Masjid Agung Annur Banjarnegara ini menggelar Kampung Ramadhan Kauman (KRK). Kegiatan tersebut akan digelar di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan halaman Masjid Agung Annur Banjarnegara.
                                             
Dalam kegiatan ini, dimeriahkan berbagai acara, termasuk bazar takjil dan para UMKM Banjarnegara, juga menggelar lomba-lomba, mulai dari menggambar untuk anak usia dini, busana muslim, fotography, hingga lomba tek-tek religi. Pada sore hari juga ada puluhan lapak untuk pedagang kecil.

Referensi


Baca Juga




No comments:

Post a Comment