Saturday, February 24, 2018

Masjid Nur Nabawi Bener Meriah

Masjid Nur Nabawi Komplek Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah (photo dari akun IG susilawati_asmay_astila)

Bener Meriah yang disebutkan pada judul tulisan ini adalah nama Kabupaten di provinsi Aceh, nama yang cukup unik. Kabupaten Bener Meriah adalah kabupaten hasil pemerkaran dari wilayah kabupaten Aceh Tengah di tahun 2003 yang lalu. Kabupaten ini beribukota di Simpang Tiga Redelong.

Masjid Nur Nabawi adalah masjid yang berada di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, provinsi Aceh. Masjid yang indah itu adalah sebuah bangunan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bener Meriah. Nur Nabawi bagi nama masjid ini berarti cahaya masjid nabi. Berdirinya masjid ini diharapkan dapat menjadi cahaya dan penyejuk bagi masyarakat Bener Meriah.


Lokasi masjid ini persisnya berada di Desa Serule Kayu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Pembangunan Masjid Nur Nabawi pada tahun 2007 dimulai dengan peletakan batu pertama, namun dikerjakan pada tahun 2009, serta pada tahun 2011 telah selesai tahap pembangunanya 90 persen. Ukuran masjid itu 20 x 17 dibangun dengan ornamen Turki serta telah menghabiskan dana sebanyak Rp4, 2 milyar.

Masjid yang indah itu berlantaikan kayu parkit serta dindingnya setinggi 120 cm juga ditempeli kayu parkit, dan dilapisi karpet tebal untuk memberikan kenyamanan kepada para jemaah. Lantai teras luar serta tiang dan dinding masjid tersebut dipasang batu granit yang indah. keindahan masjid ini juga ditambah dengan Mimbarnya yang indah terbuat dari kayu jati Jepara, serta ukiran dinding yang terbuat dari kayu jati Jawa Jepara dan menelan biaya ratusan juta rupiah.

Masjid Nur Nabawi (foto dari lintasgayo.com)

Masjid ini sudah digunakan untuk aktivitas shalat lima waktu dan Jumat sejak bulan juli 2011. Jemaah masjid ini tidak hanya para pegawai dan pejabat di lingkungan pemerintahan kabupaten Bener Meriah namun juga masyarakat  yang tinggal di sekitar komplek perkantoran ini. Masjid ini juga dilengkapi sarana perpustakaan, ruangan penjaga masjid serta sarana lainnya.

Gaji Imam setara pejabat eselon dua

Luar biasanya, tahun 2018 ini pemkab setempat menargetkan seluruh imam masjid di kabupaten Bener Meriah adalah hafizh Qur'an dan akan digaji setara dengan pejabat eselon dua. Pemerintah setempat menargetkan target selama dua tahun, 233 kampung di Bener Meriah seluruh masjid dan menasah sudah diisi oleh para hafis qur’an. Hafis dan hafizah itu akan digaji setandar eselon II, tidak hanya menggaji para hafis untuk imam shalat, pemkab Bener Meriah juga akan memberikan fasilitas bagi mereka. ***

Referensi


Baca Juga