Sunday, April 16, 2017

Masjid Agung Al-Mu'awwanah Sanggau

Masjid Agung Al-Muawanah Kabupaten Sanggau setelah di renovasi.

Masjid Agung Al-Muawanah adalah masjid agung kabupaten Sanggau, Kalimantan Timur. Bangunan masjid yang kini berdiri merupakan hasil dari proses renovasi total terhadap bangunan masjid sebelumnya di lokasi yang sama. Proses renovasi masjid ini memawakan waktu sekitar tiga tahun, dimulai tahun 2013 dan hasilnya memang sangat membanggakan bagi muslim Kabupaten Sanggau.

Proses pembangunan masjid baru ini terbilang cukup unik karena dilaksanakan dengan “mengurung” bangunan masjid agung lama dengan struktur bangunan baru di sebelah luar dan tanpa menghentikan aktivtias rutin yang berjalan di masjid tersebut. Pada saat struktur bangunan baru telah terbentuk tampak sebuah pemandanganyang unik, bangunan masjid yang lama terkurung seluruhnya di dalam struktur bangunan yang baru.

Masjid Agung Al-Mu'awwanah Sanggau
Jl. H. Abbas, Tj. Sekayam, Kelurahan Ilir, Kec. Kapuas
Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516


Bangunan baru Masjid Agung Al-Muawanah Sanggau ini dibangun dengan arsitektur masjid masjid modern dilengkapi dengan kubah besar dan bentuk menara yang tidak terlalu tinggi ditempatkan di ke empat sudut atapnya, warna cat kuning sebagai khas warna Melayu, mendominasi bangunan masjid ini. Total ada tujuh kubah di atap masjid ini terdiri dari satu kubah utama berdiamter 9 meter dan tinggi 11 meter, empat kubah dipasang di ke empat penjuru atap dan dua kubah lagi di tempatkan di atas beranda. Seluruh kubah masjid ini menggunakan bahan enamel di bagian luarnya. 

Ketika memasuki ruang utama masjid, akan terasa sekali suasana kekhusukan nan pastinya kemegahan masjid ini. Ruang Imam yang luas, berpadu dengan begitu indah dengan mimbar khotbah disampingnya menampilkan pemandangan syahdu. Enam tiang penyangga berbahan beton juga nampak kokoh dan indah dengan hiasan dekoratif. Begitu juga dengan lampu ruangan yang semakin menampakkan kemegahan, keindahan sekaligus kesejukan masjid ini.

Masjid Agung Al-Muawanah Sanggau saat di renovasi.

Dipenghujung tahun 2016 yang lalu tepatnya pada hari Jum’at 21 Oktober 2016 Masjid Agung Al-Muawanah Sanggau ini mendapatkan tamu kehormatan dengan kehadiran Syekh Ali Jaber untuk memberikan tausiah pada acara Tabligh Akbar di Masjid tersebut. Kedatangan beliau begitu dinanti oleh warga muslim Sanggau dan tak pelak, masjid agung yang masih gress ini tumpek plek oleh Jemaah yang dating dari berbagai penjuru, untuk menghadiri acara tersebut dan untuk berjumpa dan melihat langsung Syekh Ali Jaber.

pada peristiwa langka Gerhana Matahari Total yang terjadi pada hari rabu 9 maret 2016 yang lalu, masjid Agung Al-Muawanah Sanggau ini menjadi salah satu tempat di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan sholat kusuf atau sholat gerhana. Meski telah diperluas dan ditambahkan area lantai dua, nyatanya masjid ini masih tak mampu menampung seluruh Jemaah yang hadir di ruang dalamnya. ***.

Sumber Dana Pembangunan

Kelancaran proses renovasi masjid Agung Al Muawanah tidak terlepas dari partisipasi seluruh masyarakat kabupaten Sanggau maupun unsur pemerintah. Pemerintah Kabupaten Sanggau tercatat sudah 3 kali mengucurkan dana APBD untuk pembangunan masjid ini. Begitu juga dengan para PNS di Kabupaten Sanggau juga telah memberikan infaq dari penghasilan yang diterima. Belum lagi para donatur yang beramal baik secara terang-terangan ataupun tidak mau disebutkan namanya turut memberikan kontribusi untuk kelancaran pembangunan masjid.

Interior Masjid Agung Al-Muawanah Sanggau

Referensi