Saturday, August 20, 2016

Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi

Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau (panoramio)

Dimanakah Bagansiapiapi

Bagansiapiapi adalah ibukota Kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau. Kabupaten Rokan Hilir sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Bengkalis, kemudian dibentuk menjadi Kabupaten baru di provinsi Riau pada tanggal 4 Oktober 1999 sesuai dengan UU RI Nomor 53 tahun 1999 dengan ibukota Ujung Tanjung

Mulanya Bagansiapiapi hanya ditetapkan sebagai ibu kota sementara, Sedangkan Undang Undang menyebutkan bahwa ibukota kabupaten Rokan Hilir berada di Ujung Tanjung, Namun karena kondisi infrastruktur di Ujung Tanjung yang masih merupakan sebuah desa di Kecamatan Tanah Putih belum memungkinkan untuk dijadikan sebagai sebuah ibu kota kabupaten, maka akhirnya Bagansiapiapi, ditetapkan sebagai ibukota kabupaten Rokan Hilir melalui perubahan UU Nomor 53 Tahun 1999 pada tanggal 24 Juni 2008.

Bagansiapiapi dikenal sebagai Hongkong Van Andalas, pernah meraih predikat sebagai kota terbersih ked-2 di provinsi Riau setelah kota Bengkalis di tahun 2011. Kota ini merupakan salah satu kota pantai paling ramai di selat Malaka semasa penjajahan Belanda Hingga ahir perang dunia pertama. Disana sudah sejak lama berdiri tiga masjid besar yakni Masjid Raya Al-Ikhlas, Masjid Raya Al-Ihsan, Masjid Al-Kautsar.

Lokasi Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi

Bagan Barat, Bangko,
Kabupaten Rokan Hilir, Riau
koordinat : 2.161610, 100.802870

Mesjid ini terletak di Jalan Utama kota Bagansiapiapi persis di sebelah Makam Pahlawan. Mesjid ini juga berfungsi sebagai Islamic Centre Kabupaten Rokan Hilir. Kemegahannya telah menjadikan masjid ini sebagai ikon kabupaten Rokan Hilir.


Masjid Dengan Warna yang Unik

Masjid Al Ikhlas merupakan masjid kebanggaan masyarakat kota Bagansiapiapi, bentuk bangunannya diperngaruhi oleh gaya arsitektur Turki Usmani dengan kubah besar pada bangunan utamanya serta 4 menara yang menjulang  tinggi. Fokus utama pada bangunan masjid Al-Ikhlas ini tentu saja pada kubah dan empat menaranya.

Pembauran berbagai gaya arsitektur di aplikasikan di masjid ini. Kubahnya terdiri dari satu kubah utama dibagian tengah, kemudian ditopang oleh empat bangun semi kubah di empat sisinya seperti pada beberapa bangunan masjid di Istambul Turki. Tidak hanya bangun semi kubah, Kubah utamanya juga di apit oleh empat bentuk menara kecil yang dilengkapi dengan kubah bawang berukuran kecil di puncaknya.

Menariknya, kubah masjid ini menggunakan warna yang tak biasa, terlalu coklat untuk disebut kubah emas. Lebih tepat untuk disebut bewarna tembaga. Memberikan kesan tersendiri karena warna ini terbilang sangat jarang digunakan sebagai warna kubah. Sehingga cukup mudah untuk mengenali bangunan masjid ini dari bentuk dan warna kubahnya. Warna yang sama juga digunakan pada kubah di ujung empat menaranya.

Bangunan masjid Al-Ikhlas ini dilengkapi dengan pekarangan yang cukup luas, disalah satu sisi nya diperindah dengan air mancur. Keberadaanya menyiratkan bahwa Bagansiapiapi sebagai sebuah kota yang memiliki sejarah panjang di Muara Sungai Rokan di pesisir timur pulau Sumatera.

Pemkab Rohil Sholat Gerhana Matahari di Masjid Al-Ikhlas

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir gelar sha‎lat Gerhana matahari di Masjid Al-Ikhlas ( Masjid Agung), Jalan Utama, Rabu 09 Maret 2016, Pukul. 07.00 Wib. Sholat langsung diikuti Bupati Suyatno, Sekda Surya Arfan,Kepala SKPD dan Para ulama serta masyarakat umum.  Diwawancara usai sholat, Bupati Suyatno menyampaikan bahwa Sholat Gerhana Matahari ini merupakan sebagai penyampaian rasa syukur kepada Allah Swt bahwa seluruh wilayah Indonesia ada 12 kota yang menjadi lintasan Gerhana Matahari.***