Wednesday, August 17, 2016

Masjid Raya Kisaran

Masjid Raya Kisaran, Kabupaten Asahan. Sebelumnya bernama Masjid Agung Kisaran.

Masjid Raya Kisaran sebelumnya bernama Masjid Agung Kisaran sampai kemudian diresmikannya Masjid Agung H. Ahmad Bakrie sebagai masjid Agung Kabupaten Asahan. Masjid Raya Kisaran berada di pusat kota kisaran di wilayah kecamatan Kisaran Barat

Lokasi Masjid Raya Kisaran
Jl. Imam Bonjol Kisaran, Tebing Kisaran
Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara
Koordinat : 2° 58' 41.85" N  99° 37' 48.39" E


Di tahun 2009 lalu Kelompok Bloger Asahan di kota Kisaran melakukan kegiatan unik dengan melakukan penanaman pohon langka Gaharu di pekarangan masjid Raya Kisaran ini bekerjasama dengan pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Raya Kisaran.

Lokasinya yang berada di kawasan inti kita Kisaran, masjid ini menjadi salah satu pavorit muslim setempat untuk melaksanakan sholat lima waktu dan sholat dua hari raya. Faktor sejarah dan memori masa kecil juga menjadi salah satu alasan warga setempat yang tinggal di perantauan untuk menyempatkan waktu sholat hari raya di masjid ini dalam momen mudik tahunan.

Di areal sekitar masjid ini terdapat toko-toko buku hasil tulisan ilmuan Asahan dijual, pernak-pernik sovenir khas Asahan seperti rajutan sajadah dari kapas, rangkaian tasbih dari bahan cangkang lokan, dan anyaman peci dari rotan, serta jajanan-janana khas Asahan dijual dengan kemasan yang rapi dan menawan setiap pengunjung untuk membelinya sebagai oleh-oleh khas Asahan.

Lokasi strategisnya itu juga menjadikan areal di depan masjid ini ramai sebagai pusat jajanan musiman selama bulan Ramadan. Berbagai penjual aneka makanan dan minuman berbuka puasa bermunculan di beberapa jalan inti kota Kisaran terutama di depan masjid ini. Es kelapa muda, dan mie kuning serta serabi menjadi salah satu menu makanan yang paling digemari pembeli.***