Sunday, July 31, 2016

Masjid Taqwa Kota Metro

Masjid Taqwa Kota Metro 

Kota Metro merupakan Kota Otonom kedua di provinsi Lampung setelah Kota Bandar Lampung. Sebelumnya Kota Metro merupaka bagian sekaligus ibukota dari Kabupaten Lampung Tengah. Di tengah kota Metro sudah lama berdiri sebuah masjid megah kebanggaan masyarakat setempat bernama Masjid Taqwa. Masjid Taqwa yang kini berdiri merupakan  bangunan baru yang dibangun dilokasi yang sama dengan bangunan sebelumnya yang dirobohkan total menyisakan hanya menaranya saja.

Tak pelak proses pembangunan yang berlabel renovasi namun ternyata menjadi pembanguan ulang dengan merobohkan seluruh bangunan lama mengundang kontroversi ditengah masyarakat muslim kota Metro yang meyayangkan dihancurkannya salah satu bangunan bersejarah di kota itu. Namun apa hendak dikata, bangunan lama sudah terlanjut dihancurkan dengan alat berat, pembangunan masjid baru mau tidak mau harus dilanjutkan ditengah kontroversi.


Kini bangunan masjid Taqwa berdiri megah berhadapan dengan Taman Kota Metro, menjadi ikon kota Metro dan disebut sebut sebagai masjid termegah di provinsi Lampung. Dibangun dengan anggaran mencapai Rp. 18 milyar selesai dibangun pada bulan Mei 2015, mampu menampung lebih dari 2000 jemaah. Ukuran bangunan utamanya sama dengan bangunan lama yakni 45 x 45 meter hanya saja bangunan baru masjid ini dibangun berlantai dua.

Salah satu ruangan dibawah kubah dilantai dua masjid ini dipergunakan sebagai ruangan perpustakaan masjid, dibelakang bangunan masjid dibangun kantor pengurus masjid dengan ruangan yang cukup refresentatif dilengapi dengan beberapa kamar yang juga diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan membantu mengurus masjid tersebut. 

Sejarah Masjid Taqwa Kota Metro

Masjid Taqwa metro sudah berdiri sejak 21 Juli 1967 dibangun secara swadaya oleh masyarakat islam (kabupaten) Lampung Tengah, dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, KH A Dahlan pada 23 Mei 1969. Sejak dibangun masjid ini sudah beberapa kali di renovasi namun tetap mempertahankan bentuk awalnya. Tanggal 27 Januari 2004, H.A Sajoeti selaku Ketua Yayasan Dakwah dan Pemeliharaan Masjid Taqwa Metro, H A Sajoeti  menyerahkan pemeliharaan Masjid Taqwa kepada Pemerintah Kota Metro.

Bangunan Masjid Taqwa Kota Metro Lama (sebelum rehabilitasi)

Bulan Maret 2013 Pemkot Kota Metro melakukan proyek rehabilitasi total terhadap masjid Taqwa ini yang kemudian mengundang kontroversi di tengah masyarakat muslim disana. Pembangunan masjid ini berlangsung selama dua tahun dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia - Lukman Hakim Saifuddin - pada jumat malam, 9 Mei 2015. Peresmian dilakukan pada saat beliau menghadiri acara pembukaan MTQ ke-43 Provinsi Lampung Kota Metro. 

Dalam sambutannya, Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat Lampung secara bersama melakukan gerakan masyarakat magrib mengaji, agar setiap anggota keluarga mengaji setiap harinya. Lukman menambahkan, "Al-Quran harus kita jadikan teman setia, sahabat kehidupan, yang dapat kita jadikan rujukan dalam menyelesaikan problem kehidupan".

Masjid Taqwa saat dalam proses rehabilitasi

Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi

Di bulan April 2015, Masjid Taqwa Metro menjadi pusat kegiatan dari Musabakah Tilawatil Qur an (MTQ) tingkat Provinsi Lampung. Selain di masjid Taqwa, kegiatan tersebut juga dilangsungkan di Wisma Haji yang letaknya tidak berjauhan dengan lokasi Masjid. MTQ diikuti sekitar 1.500 peserta dari seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Menariknya dalam perhelatan tersebut panitia menempatkan para peserta dari berbagai kabupaten di Provinsi Lampung secara homestay karena kurangnya kapasitas hotel dan penginapan yang ada di kota Metro.

Pengukuhan Ta’mir Masjid Taqwa

29 Januari 2016 Pejabat Walikota Metro Achmad Chrisna Putra, menghadiri acara Pengukuhan Ta’mir Masjid Taqwa Kota Metro Periode 2015-2020, bakda sholat Jum’at bertempat di Masjid Taqwa Metro. Pada kesempatan ini turut hadir Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Asisten I, Staf Ahli, Ketua MUI Kota Metro, seluruh Kepala Bagian di Pemerintahan Kota Metro, Perwakilan Kejaksaan Negri Metro, Perwakilan Pengadilan Negri Kota Metro, serta Camat dan Lurah Kota Metro. Ketua MUI Metro menyampaikan, bahwa pada tanggal 29 Januari 2016 (Jum’at). Berdasarkan surat keputusan Nomor. 577/kpts/sekda/02/2015,  Pj. Walikota Metro secara resmi mengukuhkan Ta’mir Masjid Taqwa Kota Metro. ***

--------------------------

Referensi