Sunday, July 31, 2016

Islamic Center Sukadana

Islamic Center Sukadana Lampung Timur

Islamic Center Sukadana merupakan Islamic Center di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung di pulau Sumatera, lokasinya sekitar 80 KM dari Kota Bandar Lampung. Komplek Islamic Center ini memiliki dilengkapi dengan bangunan masjid, asrama haji, dan berbagai sarana pendukungnya. Islamic Centre kebanggaan masyarakat Kabupaten Lampung Timur itu dibangun dengan kondisi bentuk dan fasilitas yang cukup mewah, dibangun dengan dana APBD selama beberapa tahun anggaran sebesar Rp38,5 miliar pada areal sekitar 35 hektar.

Lokasi Islamic Center Sukadana
Jalan lintas timur sumatera Desa Muara Jaya
Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur.
Provinsi Lampung, Indonesia


Hi. Irfan Nuranda Djafar,CES adalah tokoh pencetus berdirinya pusat kegiatan islam di Kabupaten Lampung Timur dan diwujudkan dimasa pimpinan Bupati Hi. Bahusin MS dengan menggunakan anggaran dana APBD Tahun 2002. Pembangunan Islamic Center pada Tahun 2002 dimulai dengan pembebasan lahan seluas 20 hektar yang berlokasi dijalan lintas timur sumatera Desa Muara Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung Islamic Center dilakukan pada Tahun 2004 kemudian pada Tahun 2008 gedung Islamic Center diresmikan oleh Bupati Satono,SH,. SP  sebagai pusat kegiatan dan ikon Kabupaten Lampung Timur. Lokasi Islamic Center ini dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Lampung Timur.


Melalui Peraturan Bupati Lampung Timur Nomor 14 tahun 2011 Islamic Center menjadi UPTD dibawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur. Gedung Islamic Center dibuka untuk masyarakat luas dan keberadaan Masjid Agung Baiturrohman Lampung Timur berada di lokasi Islamic Center menambah kemegahan Islamic Center untuk di jadikan andalan pariwisata religi Kabupaten Lampung Timur.

Dibangun di bekas area Lokalisasi

Berdirinya Islamic Center Lampung Timur ini menjadi kebahagian warga Lampung Timur. Pasalnya lokasi sebelum terbangun ini merupakan eks lokalisasi. Dengan berdirinya Islamic Centre menjadi prestasi tersendiri merubah daerah lokalisasi menjadi pusat peribadatan.***