Thursday, July 28, 2016

Islamic Center Kotabumi

Dari kejuahan kubah masjid ini terlihat seperti buah durian dengan duri yang bewarna warni

Islamic Center Kotabumi merupakan Islamic Center Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Di dalam komplek Islamic center ini terdapat bangunan masjid yang rancangan kubahnya cukup unik, ditambah dengan fasilitas pendukung lainnya termasuk perkantoran, gedung serbaguna dengan daya tamping 2000 orang dan pusat pendidikan. Keseluruhan komplek Islamic Center Kotabumi ini menempati area seluas 3.5 hektar yang sebelumnya merupakan bekas lahan terminal regional Kotabumi yang tak terawat.

Lokasi Islamic Center Kotabumi
Kelurahan Tanjungharapan, Kecamatan Kotabumi Selatan
Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung
Koordinat : 4°50'33"S   104°52'10"E


Diresmikan Gubernur Lampung, Sjachroedin

Islamic Center Kotabumi diresmikan oleh guberur Lampung, Sjachroedin Z.P, pada hari senin tanggal 9 Mei 2011 sekitar pukul 11.00 dengan menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikan dan dibukanya Gedung Islamic Center tersebut. Peresmian Islamic center tersebut sekaligus sebagai persiapan Lampung Utara sebagai tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Provinsi Lampung tahun 2011.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Asisten II Pemkab Lampung Utara Azwar Yazid, Inspektur Jenderal Kementerian Kehutanan RI Irham Jafar Lan Putra, Direktur Penerangan Agama Islam Ahmad Jauhari, staf Ahli Bidang Kementerian PDT Lili Romly, dan tamu undangan yang lain.

Arsitektur Unik

Terkait keunikan gedung tersebut, untuk kubah bangunan masjid berbentuk Siger yang berputar dengan jumlah 99 melambangkan 99 Asmaul Husna, nama besar Allah. Sedangkan ketinggian menara 35 meter. Di sana terdapat fasilitas teropong bintang untuk menghitung hilal. Menara tersebut bukan hanya berfungsi sebagai menara masjid saja, melainkan juga dapat dijadikan sarana obyek wisata bagi warga untuk melihat keindahan Kotabumi.

Gapura Islamic Center Kotabumi dengan ornamen berupa penutup kepala khas masyarakat setempat

Ustad Solmed di Islamic Center Kotabumi

Sabtu 19 September 2015 pemkab lampung utara menggelar pengajian Akbar di Islamic Center Kotabumi, dimeriahkan dengan tausiah oleh ustadz kondang yang juga dikenal sebagai aktor ibukota, Ustadz Sholeh Mahmoed Nasution atau biasa dipanggil dengan nama beken nya, Ustadz Solmed.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Sri Widodo beserta jajaran Pemkab Lampung Utara serta sejumlah unsur Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) serta ribuan masyarakat Lampung Utara yang memadati kompleks Islamic Center Kotabumi.

Acara pengajian akbar di Islamic Center Kotabumi ini merupakan bagian dari acara rutin yang digelar oleh Pemkab Lampura setiap tiga bulan sekali, yang juga merupakan salah satu bagian dari janji politik Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat Pemilukada 2013. Sebelumnya beberapa penceramah kondang juga pernah mengisi acara pengajian akbar di Islamic Center ini termasuk Mama Dedeh dan Ustadz Maulana. Sebagai informasi, Mayoritas Masyarakat Kabupaten Lampung Utara adalah pemeluk agama islam yaitu sebesar (97,27%) atau berjumlah 562.364 orang (data tahun 2014).***