Sunday, May 26, 2019

Masjid Agung Al Falah Nabire, Provinsi Papua Tengah

Masjid kebanggaan masyarakat Nabire masih dengan ornamen mimbar tilawah untuk MTQ tahun 2018.

Masjid Agung Al Falah Nabire adalah masjid terbesar di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 2004 yang lalu. Keberadaan masjid Agung Al Falah ini menjadi sangat penting sebagai simbol eksistensi muslim di Nabire dan menjadi pusat aktivitas ke Islaman disana.
 
Kabupaten Nabire adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Tengah, terletak di punggung Pulau Papua menghadap ke luat teluk Cendrawasih. Disebelah utara berbatasan laut dengan kabupaten Kepulauan Yapen, Sebelah timur berbatasan darat dengan Kabupaten Intan Jaya, Paniai dan Deiyai, disebelah selatan berbatasan darat dengan kabupaten Dogiyai, sedangkan disebelah barat berbatasan darat dengan provinsi Papua Barat. Kabupaten Nabire ber-ibukota di Kota Nabire. 

Masjid Agung Nabire
Jalan Merdeka Legari Jaya, Legari Jaya
Kec. Nabire, Kabupaten Nabire, Papua Tengah


Kabupaten Nabire juga memiliki wilayah di beberapa pulau yang berada di laut Teluk Cendrawasih. Jumlah penduduk kabupaten Nabire berjumlah 145.101 jiwa (2017). Pada tanggal 6 Februari 2004, terjadi gempa bumi yang kemudian disusul pada tanggal 26 November 2004 di Nabire, gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang daerah ini.

Masyarakat Muslim di Nabire berasal dari berbagai provinsi, khususnya para transmigrasi yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa TImur, Jawa Barat, Gorontalo, Padang, Makassar dll selain dari masyarakat Muslim setempat termasuk dari Biak Numfor. Komposisi di kota antara Muslim dan non-Muslim kisaran 60:40 persen, dan kehidupan antar pemeluk agama di kabupaten Nabire terjalin sangat baik.

Megah dan besar, Alhamdulillah.
Pembangunan masjid ini memakan waktu cukup lama karena masalah dana. Panitia pembangunan sempat meminta bantuan dari kaum muslimin dimanapun berada untuk membantu pembiayaan pembangunan masjid ini melalui rekening Bank Mandiri 154-000-240838-7 atas nama Panita Pembangunan Masjid Al-Falah Kab. Nabire

Sebagai Masjid Agung Kabupaten, Masjid Agung Al Falah Nabire ini menjadi tempat utama aktivitas ke Islaman tingkat kabupaten Nabire, Seperi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten Nabire. Seperti pelaksanaan MTQ Nabire pada bulan maret 2014 yang lalu yang dibuka langsung oleh bupati Nabire Nabire Isaias Douw S.Sos.

Suasana sholat Idul Fitri di dalam Masjid Agung Al Falah Nabire.

Tahun 2018, Masjid Agung Al-Falah Nabire menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Papua Tahun 2018 yang berlangsung meriah (seiring dengan pemekaran provinsi Papua, sejak tahun 2022 Nabire menjadi Ibukota Provinsi Papua Tengah). Demikian juga dengan peringatan Maulid Nabi dan peringatan hari hari besar Islam lainnya dipusatkan di Masjid Agung Al Falah ini.

Masjid Agung Al Falah Nabire tentu saja menjadi pusat pelaksanaan ibadah sholat Idul fitri dan Idul Adha. Pada hari raya Idul Adha 1429H/22 Agustus 2018 yang lalu masjid Agung Al Falah ini menyembelih  sebanyak 215 ekor hewan kurban, terdiri dari 199 ekor sapi dan 16 ekor kambing, dari jumlah hewan Qurban tersebut 1 ekor sapi merupakan sumbangan dari Presiden Joko Widodo. (Updated 4 Juli 2023)***

Referensi


------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga Artikel Masjid di Papua lainnya

No comments:

Post a Comment