Sunday, May 19, 2019

Masjid-e-Jafria, Kashmir, Masjid di tempat paling dingin di dunia

Masjid-e-Jafria, Dras, Jammu & Kashmir dengan gunung bersalju di latar belakangnya (foto google)

Masjid ini bernama Masjid-e-Jafria atau Hanfia Jamia Masjid, di google map masjid ini ditandai dengan nama “Post Office & Hanfia Jamia Masjid”, adalah masjid yang berada di daerah Dras, wilayah Jammu and Kashmir, India. Dras merupakan gerbang menuju Ladakh, Ladakh adalah perhentian terahir bagi para pendaki yang akan menuju ke pegununungan Himalaya, puncak tertinggi di muka bumi.

Dras berada di ketinggian 3280 meter dari permukaan laut, menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid di lokasi tertinggi di bumi, “masjid di negeri atap dunia”. Kashmir, Nepal dan Tibet sering disebut sebagai negeri di atap dunia karena saking tingginya.



Dras juga tercatat sebagai kawasan dengan suhu terendah kedua di bumi setelah Siberia di Russia. Tanggal 23 Maret 2011 lalu suhu di Dras mencapai rekor baru yang mencapai hingga 60 derajat selsius dibawah nol. Suhu yang benar benar membeku. 23 Maret 2011, suhu di Dras mencapai suhu terendah sepanjang sejarah hingga minus 60 derajat di bawah nol (foto dari mendiang panoramio)

Penduduk Dras mayoritas beragama Islam dan ada sedikit yang beragama Budha. Dras sudah sejak lama terkenal sebagai satu satunya jalur pendakian menuju Ladakh, karena nya kawasan ini sering disebut sebagai “gateway to Ladakh” dan penduduk setempat kerap kali disebut sebagai “the guardians of Ladakh’s gateway”.

Salju menutup wilayah Drass dengan suhu terendah pada 23 Maret 2011

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment