Sunday, October 22, 2017

Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran

Masjid Agung Al-Mabrur Kabupaten Semarang di Ungaran (foto : IG | @ginanjartamtomo) 

Masjid Agung Al-Mabrur di Ungaran ini merupakan Masjid Agung bagi kabupaten Semarang. Lokasinya berada di Jl. A. Yani Ungaran Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya masjid ini dikenal dengan nama masjid IPHI.

Dibangun tahun 2010 di atas lahan seluas 1550 meter persegi dengan luas bangunan 3200 meter persegi. Sebagai masjid agung kabupaten Semarang masjid ini dibangun menghadap ke Alun Alun Kabupaten Semarang yang lebih dikenal dengan nama alun alun Asmara, berseberangan dengan rumah dinas Bupati Kabupaten Semarang.

Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran
Jl. Ahmad Yani, Sidomulyo, Ungaran Timur
Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50514



Masjid Agung Al-Mabrur ini beserta Alun Alun Asmara-nya itu juga telah di tata ulang di tahun 2014 yang lalu. Salah satu bangunan yang ditambahkan adalah bangunan lengkungan yang berada di sisi kiri dan kanan Masjid Agung Al-Mabur Ungaran ini, lengkungan yang mirip dengan yang ada di MAJT kota Semarang.

Pentaan ulang kawasan alun alun tersebut memang ditujukan untuk memperindah alun alun dan Masjid Agung Al-Mabrur dan memberikan kenyamanan dan kebanggaan tersendiri bagi warga kabupaten Semarang. Proyek penataan tersebut menghabiskan dana APBD sekitar Rp. 1.3 Milyar Rupiah.

Interior Masjid Agung Al-Mabrur Ungaran (foto; IG | @galih_ps)

Sebagai masjid agung kabupaten, masjid Agung Al-Mabrur di Ungaran ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman tingkat kabupaten Semarang. salah satu acara yang cukup menarik di masjid ini adalah diselenggarakannya acara Khitmul Qur’an Kebangsaan pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke 72 yang lalu.

Masjid Agung Al-Mabrur juga menyelenggarakan pendidikan untuk anak anak melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an di masjid ini yang mengajarkan baca tulis Al-Qur’an untuk anak anak, tersedia juga kelas untuk penghafal Al-Qur’an. (dari berbagai sumber).

Baca Juga