Saturday, October 21, 2017

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kabupaten Kapuas (foto dari IG @seputarmasjid)
Masjid Agung Al Mukarram Amanah merupakan masjid terbesar segaligus termegah di Kota Kapuas ibukota Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Terletak di jantung kota, tepatnya di Jalan Tambun Bungai, masjid ini dapat menampung hingga kurang lebih lima ribuan jemaah. Bangunan ini berarsitektur perpaduan gaya modern dan klasik, pada beberapa bagian bangunan dilengkapi  dengan interior dan aksesoris indah.

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah sudah berdiri sejak tahun 1990 diatas lahan seluas 25.554 meter persegi berstatus SHM dengan luas bangunan awal 300 meter persegi. Namun bangunan masjid megah yang kini berdiri merupakan hasil pembangunan tahun 2012.

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah
Jl. Tambun Bungai RT. 36 Kelurahan Selat Tengah
Kecamatan Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas
Kalimantan Tengah 73516



Lokasi masjid agung yang lama lokasinya berada di pelataran luas di depan bangunan Masjid agung saat ini, bangunan tersebut digunakan masyarakat muslim Kapuas sejak tahun 1990 hingga tahun 2012. Hingga awal tahun 2012 komplek masjid agung ini tampak sepasang masjid kembar karena bangunan masjid lama masih berdiri dan bangunan baru yang lebih besar sudah hampir selesai.

Menjelang bulan suci Romadhon 1433H/2012 Proses pembangunan masjid Al-Mukarram Amanah yang baru sudah mendekati penyelesaian dan sudah layak untuk digunakan, bangunan masjid yang lama di robohkan, dan di tahun 1433H/2012 untuk pertama kali ummat Islam Kapuas mulai menikmati sholat Tarawih hingga sholat Idul Fitri pertama di Masjid Agung yang baru tersebut. Pada hari Jum'at, 27 Juli 2012 masjid ini resmi digunakan untuk shalat Jum'at pertama di bulan Ramadhan 1433 H / 2012 M. 

Aktivitas Masjid Agung Al-Mukarram Amanah

Sebagai masjid agung kabupaten, Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di kabupaten tersebut termasuk menjadi pusat penyelenggaraan Sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang dihadiri oleh para pejabat tingkat kabupaten hingga provinsi bersama dengan ribuan masyarakat muslim setempat.

Interior Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kapuas

Seperti yang dilaksanakan pada sholat Idul Fitri 1438H yang lalu yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib H Said Ismail Balghaits yang juga bertindak sebagai khatib, serta Kabag Kesra Pemda Kabupaten Kapuas, H Junaidi yang turut menyampaikan sambutan mewakili Bupati Kapuas.

Salah satu keunggulan masjid ini pada saat adzan waktu sholat berkumandang, suara adzannya disiarkan secara langsung via radio masjid Agung Al Mukarram Amanah Kapuas FM dengan frekuensi sendiri.

Masjid Berprestasi

Di tahun 2016 yang lalu Masjid Agung Al-Mukarram Amanah kabupaten Kapuas meraih prestasi predikat terbaik pertama dalam ajang lomba Masjid Percontohan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Dan meraih juara kedua masjid percontohan untuk tingkat nasional.

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah saat sedang dibangun, di latar depan adalah bangunan masjid Agung yang lama, kini sudah dirobohkan dan menjadi halaman depan dan kolam.

Hal tersebut tak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Kapuas yang memberikan dukungan untuk pembangunan bidang keagamaan di Kabupaten Kapuas, kabupaten yang mempunyai motto sebagai kota AIR (Aman Indah Ramah) yang memiliki semboyan Tingang Menteng Pananjung Tarung (berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat).

Selain bangunannya yang megah dan berprestasi tingkat nasional, masjid ini juga tak pernah sepi Jemaah di setiap waktu sholat tiba, apalagi selama bulan suci romadhon yang Jemaah tarawihnya tetap padat hingga ke penghujung bulan suci. Sholat Tarawih di masjid ini dilaksanakan 11 roka’at.

Seperti masjid masjid lainnya, selama bulan suci Romadhon Masjid Agung Al-Mukarram Amanah ini juga menyelenggarakan acara berbuka puasa bersama, Salat Tarawih, tadarus Alquran, qiyamul lail pada malam ganjil, pesantren Ramadan dan kultum tarawih. Acara ini dilaksanakan setiap tahun pada bulan puasa.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga

No comments:

Post a Comment