Saturday, October 7, 2017

Masjid Raya Ruhama Takengong Aceh Tengah

Masjid Raya Ruhama Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

Takengon adalah ibukota kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Takengon terkenal dengan udara nya yang sejuk karena letak geografisnya yang berada di ketinggian dataran tinggi Gayo dan juga terkenal dengan kedai kedai kopinya yang khas. Selain itu kota ini juga berada ditepian danau laut tawar salah satu danau terbesar di Indonesia yang tekenal dengan pemandangannya yang menawan.

Takengon memiliki sebuah masjid yang cukup terkenal yakni Masjid Raya Ruhama Takengon. Masjid Raya Takengon ini terletak di tengah kota Takengon, merupakan masjid utama atau masjid raya di kota ini.

Masjid Raya Ruhama Takengon
Jln. Merah Mersa Takengon Barat
Kecamatan Lut Tawar Kab. Aceh Tengah
Provinsi Aceh


Masjid Ruhama Takengon didirikan pada tahun 1969, di atas tanah wakaf seluas 1.431 meter persegi. Saat ini masjid yang memiliki daya tampung mencapai 2000 jamaah Masjid Ruhama Takengon terkenal desainnya yang menarik. Perpaduan antara gaya modern dan tradisional suku Gayo, suku yang merupakan penduduk asli wilayah dataran tinggi Gayo.

Masjid ini juga mudah ditemukan. Lokasinya berada di jalan utama kota Takengon. Melintas dari Banda Aceh menyusuri pesisir pantai barat Aceh berbelok di Bireun, lalu menyusuri jalan berliku dengan pemandangan indah pegunungan, dan udara yang sejuk lagi segar, melintasi kabupaten Bener Meriah salah satu dari tiga kabupaten yang berada di dataran tinggi Gayo, dan kemudian sampai di Takengon, delapan jam perjalanan darat.

Interior Masjid Raya Ruhama, Takengon, Aceh Tengah.

Arsitektur Masjid Raya Ruhama

Masjid ini mudah dikenali dengan kubah emas di gapuranya dari jauh pun sudah terlihat kemilau nya. Kubah utama masjid ini berwarna putih dengan ornamen ukiran khas tradisional Gayo. Bahkan bisa terlihat dari ketinggian puncak pegunungan yang melingkari kota Takengon. Masjid Ruhama Takengon mengambil gaya masjid di Asia barat yang memiliki banyak tiang di bagian terasnya, namun memiliki bagian dalam yang lapang.

Interior masjid ini semakin cantik dengan perpaduan mural bernuansa gayo dan barisan kaligrafi. Mihrab utama dalam masjid Ruhama terisi dengan kaligrafi islami yang cantik. Lapisan karpet lembut terhampar memenuhi sisi dalam masjid. Sejuknya udara pegunungan membuat masjid ini tidak membutuhkan penyejuk udara.

Sebagai Masjid Raya masjid ini menjadi pusat berbagai kegiatan sosial keagamaan untuk kota Takengon dan sekitarnya. Seperti Musabaqah Tilawatil Quran yang menjadi bagian dari Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) XV Kemenag se-Aceh di Takengon, yang baru saja resmi ditutup oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs. Khairul Asmara, Minggu malam 7 Agustus 2016.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga