Saturday, September 30, 2017

Masjid Agung Jeneponto, Sulawesi Selatan

Masjid Agung Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Jeneponto adalah salah satu Kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Jeneponto Beribukota di Jeneponto. Secara geografis wilayah Kabupaten Jeneponto ini menghadap ke selat Flores di sebelah selatannya, disebelah utaranya berbatasan dengan kabupaten Gowa, di sisi barat berbatasan dengan kabupaten Takalar sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Bantaeng.

Sejak tahun 1976 kabupaten Jeneponto telah memiliki Masjid Agung yang cukup megah. beralamat di Jl. Lanto Dg Pasewang, Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi selatan.

Masjid Agung Jeneponto
Jl. Lanto Dg Pasewang, Kelurahan Balang Toa
Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto
Sulawesi selatan 92315



Masjid Agung Jeneponto ini dibangun di atas tanah wakaf seluas 3.455 meter persegi dan luas bangunan 1.200 meter persegi. Bangunan masjid ini dilengkapi dengan menara tunggal yang mirip dengan mercusuar, sedangkan hampir seluruh bangunan masjid-nya di cat dengan warna putih.

Masjid Agung Jeneponto ini cukup megah ditambah lagi dengan halamannya yang cukup luas, nyaman untuk Jemaah yang datang ke masjid ini dengan kendaraan. bangunan masjid ini dibangun berlantai dua, ada tangga besar yang dibangun sebagai akses bagi Jemaah langsung ke lantai dua masjid.

Interior Masjid Agung Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Sebagai Masjid Agung Kabupaten, Masjid Agung Jeneponto ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di Kabupaten Jeneponto, termasuk sholat dua hari raya dan perayaan hari hari besar Islam tingkat kabupaten Jeneponto.

Dan sekali dalam setahun, masjid agung Jeneponto ini menjadi tempat pelepasan dan penyambutan Jemaah haji yang berasal dari kabupaten Jeneponto. Tak pelak setiap bulan haji, masjid ini dipadari oleh para pengantar dan penjemput Jemaah haji yang memadati masjid, meluber ke pekarangan bahkan hingga ke jalan raya.***
.
------------------------------------------------------------------------------
Follow akun instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------------------
.
Referensi

Baca Juga