Sunday, September 24, 2017

Masjid Besar Baitul Makmur Krueng Sabee

Masjid Besar Baitul Makmur Krueng Sabee, Aceh Jaya

Masjid Baitul Makmur terletak di lintasan Meulaboh Banda Aceh, tepatnya di Keude Krueng Sabee, Aceh Jaya, kurang lebih 12 Km dari kota Calang. Masjid yang bergaya arsitektur melayu ini dibangun pascatsunami melanda Aceh pada 2004 silam. Bangunan masjid memiliki delapan kubah, masing-masing satu kubah utama, tiga kubah di pintu masuk, dan empat kubah di sudut masjid.

Selain untuk tempat ibadah, Masjid Baitul Makmur ini sering digunakan pengguna jalan sebagai tempat istirahat saat lelah berkendara. Selain tempatnya yang strategis, pengungjung juga bisa menggunakan fasilitas masjid untuk kebutuhannya, seperti kamar mandi da WC umum. Bagi pengendara mobil pun tidak khawatir untuk memarkirkan kendaraannya, karena di area masjid tersedia lahan parkir yang luas dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Mesjid Besar Baitul Makmur Krueng Sabee
Keude Krueng Sabee, Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya
Aceh 23654, Indonesia


Di latar depan masjid adalah Tugu Semangat Perjuangan yang dibangun oleh masyarakat setempat. Tugu tersebut merupakan tonggak sejarah  serta saksi bisu pada masa konflik dulu, tugu Keude Krueng Sabee ini sudah pernah dibangun oleh pemuda setempat pada tahun 1980-an.

Pada saat terjadinya gempa bumi dan tsunami Aceh, tugu tersebut hancur total. Pasca terjadinya tsunami tugu tersebut dibangun kembali oleh para marinir yang membuat posko di keude krueng sabee dalam rangka rehab rekonstruksi Aceh pada masa itu.

Di seputaran masjid terdapat toko-toko yang menjual aneka macam kebutuhan. Jika lelah dalam perjalanan, pengunjung dengan mudah memilih warung kopi untuk tempat melepaskan lelah. Beraneka macam minuman dan makanan tersedia, pengunjung bisa menikmati Mie Aceh dan kopi khas Aceh yang memanjakan lidah.

Interior Masjid Besar Baitul Makmur Krueng Sabee, Aceh Jaya

Tugu Semangat Perjuangan mempunyai rasa kebanggaan tersendiri bagi masyarakat khususnya di Kemukiman Krueng Sabee, karena tugu tersebut  mempunyai ciri-ciri khas dan belum ada di tempat lain. Tugu ini diresmikan oleh Bupati Aceh Jaya Ir. Azhar Abdurrahman pada hari Sabtu (21 Mei 2016).

Tugu ini merupakan simbol kekompakkan dalam masyarakat khususnya warga Keude Krueng Sabee, sehingga dinamakan “Tugu Semangat Perjuangan”. Tugu tersebut merupakan tonggak sejarah  serta saksi bisu pada masa konflik dulu, tugu Keude Krueng Sabee.

Referensi