Saturday, September 23, 2017

Masjid Agung Jabal Rahmah Aceh Jaya

Masjid Agung Jabal Rahmah Aceh Jaya

Masjid Agung Jabal Rahmah adalah Masjid Agung di kabupaten Aceh Jaya, provinsi Nangroe Aceh Darusslam. Masjid Agung ini berada di desa Sentosa, kecamatan Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Berdiri di atas tanah seluas 2.223 meter persegi dan luas bangunan 206 meter persegi serta mampu menampung hingga 1500 jemaah.

Bangunan masjid yang kini berdiri megah ini dibangun tahun 2007 menggantikan bangunan masjid sebelumnya yang hancur akibat terjangan tsunami 26 Desember 2004. Dana pembangunan masjid ini bersumber dari sumbangan pemirsa Pundi Amal SCTV, sehingga masjid ini juga seringkali disebut sebagai masjid SCTV.

Masjid Agung Jabal Rahmah
Jl. Carak, Desa Sentosa – Calang, Aceh Jaya
Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia


Masjid Agung Jabal Rahmah pertama kali dibangun pada tahun 1987, sumberdana pembangunannya berasal dari Yayasan Amal Bakti muslim Pancasila (YAMP) dan dihimpun dari sumbangan masyarakat. Ide pendiriannya pun bergulir dalam masyarakat yang menginginkan berdirinya sebuah masjid yang permanen. 

Namun bangunan masjid tersebut luluh lantak bersama dengan infrastruktur lainnya yang ada di kota kecamatan Calang akibat bencana tsunami aceh 26 Desember 2004. Calang merupakan salah satu wilayah Aceh yang mengalami kerusakan paling parah akibat bencana tersebut.

Pada masa tanggap darurat tsunami didirikan bangunan darurat di atas pertapakan Masjid Agung Jabal Rahmah tersebut yang beratapkan tenda. Setelah itu, pembangunannya dilakukan oleh bantuan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur yang didukung oleh masyarakat setempat. Kontruksi bangunan sekarang merupakan hasil kayu olahan yang hanyut terbawa gelombang tsunami.

Interior Masjid Agung Jabal Rahmah Aceh Jaya

Pada tahun 2007, dilakukan pembongkaran bangunan darurat Masjid Agung Jabal Rahmah Calang dan dibangun kembali secara permanen dengan dana berasal dari sumbangan pundi amal SCTV. Setelah melalui serangkaian perombakan, kini Masjid Jabal Rahmah yang digagas oleh tokoh masyarakat Aceh Jaya ini telah menyandang status Masjid Agung.

Status Majid Agung tidak terlepas dari pemekaran Aceh Jaya dari Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2002. Namun, saat ini Calang sudah dijadikan sebagai ibu kota Kabupaten Aceh Jaya. Masjid Agung Jabal Rahmah kini menjadi landmark kabupaten Aceh Jaya.

Pada dasarnya Masjid Jabal Rahmah merupakan Masjid kemukiman Calang yang membawahi beberapa desa di antaranya Desa Sentosa, Bahagia, Gampong Blang, Dayah Baro dan Keutapang. Karena letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah Kota Calang, maka dijadikanlah Masjid Jabal Rahmah tersebut sebagai Masjid Agung Kabupaten Aceh Jaya.

Sebagai masjid agung kabupaten, masjid ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di kabupaten Aceh Jaya seperti pusat pelakanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha dan pusat peringatan hari hari besar Islam tingkat kabupaten serta menjadi titik keberangkatan dan kedatangan Jemaah Haji kabupaten Aceh Jaya.

Referensi