Saturday, September 2, 2017

Masjid Agung Al-Amjad

Masjid Agung Al-Amjad Kabupaten Tangerang (foto: indra.wardana)

Masjid Agung Al-Amjad adalah Masjid Agung Kabupaten Tangerang, lokasinya berada di dalam Komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa. Diresmikan tahun 2005 oleh Wakil Presiden RI, Bapak Drs. HM. Jusuf Kalla. Berdiri di atas tanah seluas lahan seluas 24.003 meter persegi dengan luas bangunan 5.604 meter persegi dan berdaya tampung jemaah 6.000 orang.

Masjid yang terletak di belakang Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang ini, dibangun dengan konsep meminimalisasikan penggunaan cahaya lampu pada siang hari dan mengurangi penggunaan pengatur suhu udara didalamnya. Cahaya matahari yang masuk diberi filter yang cukup menarik juga, yaitu dengan pemberian material precast krawang, sehingga tidak terlalu tersorot secara langsung ke arah dalam.

Masjid Agung Al-Amjad
Kadu Agung, Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720



Masjid Agung Al-Amjad ini dilengkapi dengan menara yang dibangun terpisah dari bangunan utama masjid, Menara ini cukup tinggi menjulang setinggi 66,66 meter, memiliki makna jumlah ayat yang ada pada Al Qur’an, menara ini berdenag segi delapan, dan makin keatas makin mengecil.

Masjid Agung Al-Amjad ini juga dilengkapi dengan ruang belajar TPA atau madrasah, aula serba guna, perpustakaan, taman, dan areal parkir yang luas. Selama Ramadan, Masjid Agung Al-Amjad ini ramai dikunjungi jamaah baik dari Tangerang maupun dari luar daerah seperti Bogor dan Serang untuk beritikaf dan beribadah.

Interior Masjid Agung Al-Amjad

Interior Masjid ini terasa lebih lapang dengan ketiadaan tiang tiang penyanggah atap di tengah ruang utama. tiang tiang penyanggahnya berada di sisi luar ruang utama. tampak benar bahwa tiang tiang tersebut hanya menjagi penopang atap dantidak menjadi sandaran bagi struktur beton lantai duanya. Ruang utama masjid ini terhubung langsung dengan pelataran masjid yang cukup luas dan juga menjadi area sholat di luar ruangan.

Secara keseluruhan bentuk tampilan, keseimbangan bangunan dan skala ruang yang tercipta, direncanakan dengan cukup baik, dan dilengkapi dengan halaman yang cukup luasi. Semua sudut bangunan dari mulai gerbang pintu masuk sampai dengan masuk kedalam bangunan, dibuat dengan sangat detail dan teliti.

Referensi