Saturday, October 28, 2017

Masjid Agung An-Nur Kota Batu

Masjid Agung An-Nur Kota Batu - Jawa Timur 

Masjid Agung An-Nur ini berada di kawasan wisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Masjid megah yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda ini dipuji oleh para wisatawan karena fasilitas fasilitasnya yang dinilai ramah wisatawan. Masjid Agung An-Nur didirikan tahun 1920 di atas tanah wakaf dan telah beberapa kali mengalami renovasi.
.
Beberapa fasilitasnya yang cukup mendapat appresiasi dari wisatawan diantaranya adalah Rest Area yang sengaja dibangun terpisah dari bangunan utama masjid sehingga mereka yang sedang beristirahat disana tidak mengganggu aktivitas peribadatan di ruangan utama masjid.

Masjid Agung An Nuur
Jl. Gajah Mada, Sisir, Kec. Batu
Kota Batu, Jawa Timur 65314


.
Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas charge hape atau camera, berupa lemari dengan slot berukuran kecil berpintu cukup untuk meletakkan hape/atau kamera yang di charge dan kuncinya bisa dibawa kemana mana. ditambah lagi dengan fasilitas pemandian umum yang bersih dan nyaman. Asiknya lagi juga tersedia air hangat di pemandian di masjid ini.
.
Masjid Agung An-Nur Kota Batu ini berdiri di sebelah utara Alun Alun Kota Batu, dan terpisah sekitar 1.6 km dari kantor walikota Batu, maklum karena memang masjid dan alun alun kota Batu ini telah lebih dulu berdiri jauh sebelum kota batu diresmikan sebagai Daerah Otononom sebagai sebuah kota Mandiri.

Masjid Agung An-Nur di Malam Hari (foto IG @rudi_santoso.78)

Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang dengan Undang Undang No. 12/2001.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.***

Referensi


Baca Juga