Saturday, March 16, 2013

Perluasan Masjid Nabawi Akan Selesai Dua Tahun

Tiga masjid bersejarah ditimur Masjid Nabawi. Berurutan dari foto paling depan : Masjid GhamamahMasjid Abu Bakar, Masjid Umar, dan Masjid Ali.

Rencana perluasan masjid Nabawi di Madinah oleh pemerintah Saudi Arabia diperkiarakan akan segera selasai dalam dua tahun menatang. Megaproyek dengan anggaran hingga mencapai 37.5 milyar dolar tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang termasuk didalamnya fasilitas kesehatan pendidikan serta bangunan dan jalan.

Bila sudah selesai nanti masjid Nabawi akan mampu menampung 1.6 juta jemaah sekaligus. Menjadikan masjid Nabawi yang memang masjid suci kedua bagi ummat Islam tapi juga menjadi masjid terbesar kapasitasnya kedua di dunia setelah masjidil Haram di kota suci Mekah.

Proyek pembangunan masjid ini mendapatkan perhatian langsung dari Pangeran Salman Bin Abul Azis yang meninjau langsung proyek pembangunan yang sudah mendapatkan izin dari Raja Saudi, King Abdullah.

Seperti di ulas dalam beberapa artikel sebelumnya proyek perluasan masjid Nabawi ini di khawatirkan oleh banyak pihak akan menggusur beberapa masjid bersejarah di sekitar masjid Nabawi termasuk di dalamnya Masjid GhamamahMasjid Abu Bakar, Masjid Umar, dan Masjid Ali.